Lemonion (minuman penambah ion rasa lemon)

lemonion merupakan gerakan menyadarkan para remaja dengan cara sosialisasi dan mempopulerkan salah satu produk minuman sehat berbahan alami.

Photo of Fiona Xaveria
5 1

Written by

Tanggal Lahir

5112006

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Santa Maria Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

102019

Situs Web dan/atau Media Sosial

@fionaxaveriaa (ig) @emerentiagiovanii (ig) @lemonion.id (ig)

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Masalahnya adalah banyak tipe remaja saat ini, yang pertama remaja tidak tahu dan tidak peduli dengan apa yang mereka konsumsi, yang kedua remaja tahu ada minuman sehat tapi mereka tidak peduli, mereka hanya memilih produk yang sudah familiar tanpa mengetahui kandungan berbahaya yang terdapat didalamnya. Oleh karena itu kita ingin membuat sebuah trend bagi para remaja atau sebagai pancingan agar mereka mau membuat minuman sehat mereka sendiri. Dengan cara mensosialisasikan minuman lemonion yang dibuat dari bahan alami untuk menggantikan produk dalam kemasan yang memiliki kandungan berbahaya, agar nantinya dapat menjadi sebuah trend, sehingga para remaja menjadi terinspirasi untuk membuat minuman sehat mereka sendiri.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Banyaknya teman-teman yang membeli produk tanpa mengetahui kandungannya yang berbahaya. Saya pernah membeli minuman penambah ion, namun setelah beberapa lama tenggorokan saya sakit, oleh karena itu kami memiliki ide untuk membuat lemonion.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Menyadarkan para remaja untuk mau membuat minuman sehat sendiri dengan cara edukasi dan sosialisasi dan memberikan contoh minuman atau makanan yang sehat. Harapan kami, ingin membuat sebuah trend yaitu membuat minuman sehat sendiri yang nantinya remaja akan tertarik untuk mengikuti trend ini, sehinnga mereka membuat minuman sehat sendiri. Langkah-langkah yang kami lakukan adalah mengkampanyekan agar remaja sadar pentingnya pola makan sehat melalui lemonion, dikampanyekan melalui media sosial dan dipromosikan melalui events yang diadakan sekolah dan luar sekolah sehingga banyak yang mencoba dan menjadi sebuah trend yang bisa diikuti lebih banyak orang.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Sudah ada beberapa teman yang mulai membuat lemonion, setelah kita sosialisasikan di sekolah. Dari hal itu membuat kami merasa bangga dan senang, karena ternyata teman kami yang biasa membeli minuman instan setiap hari perlahan-lahan mulai mengurangi setelah kita berikan sosialisasi tentang pentingnya pola makan sehat. Diharapkan, banyak orang akan tertarik untuk mencoba dan membuat minuman dan makanan mereka sehat sendiri sehingga mengurangi mengonsumsi minuman yang mengandung pengawet.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Sejauh ini kami telah melakukan uji coba lemonion kepada teman-teman kami sehingga mereka menjadi tau, mereka merespon ide kami dengan positif. Dan beberapa teman sudah mengurangi minum minuman instan setelah kami sosialisasikan pentingnya pola makan sehat. Kedepannya kami harap mereka dapat membuat minuman sehat mereka sendiri, sehingga pola makan mereka lebih sehat dan mengurangi mengonsumsi minuman yang mengandung pengawet.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Tia dan fiona. Tia bertugas mencari resep dan membuat lemonion. Fiona bertugas mencari ide- ide solusi dan cara sosialisasi. Tapi secara keseluruhan tia dan fiona saling membantu dan saling bertukar pikiran agar lebih matang

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Untuk membantu berjalanya ide kami, kami akan mengajak kolaborasi dengan sekolah, termasuk guru dan teman-teman. Agar ide kami dapat tersampaikan dan dilaksanakan oleh warga sekolah, diharapkan pola hidup sehat dapat menjadi habbit di sekolah, sehingga nantinya dapat ditiru oleh sekolah lain dan menjadi menyebar luas. Caranya adalah kami akan menyampaikan ide kami kepada guru agar dapat mendukung ide kami untuk disosialisaikan kepada teman-teman di sekolah. Kami juga berencana ingin mengajak kolaborasi pada event-event(terutama event olahraga) untuk mempromosikan ide kami.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Yang membuat ide kami unik adalah produk yang kami buat akan menjadi sebuat trend sehingga nanti dapat menarik para remaja untuk membuat minuman sehat mereka sendiri melalui lemonion. Lemonion ini rasanya unik, manis dan sedikit asam, sehingga menyegarkan tubuh, juga dapat menurunkan berat badan serta menambah energi.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Cara agar ide kami terus berjalan adalah dengan mengajak kolaborasi dengan sekolah-sekolah lain untuk mendukung program kami dan juga aktif untuk mempromosikan ide kami di sosial media dan juga kami akan mengikuti beberapa events(terutama events olahraga) untuk mengkampanyekan pola makan sehat dan mempromosikan produk kami. Tapi yang terpenting kami membutuhkan dukungan dari sekolah agar ide kami dapat menjadi trend yang diawali di sekolah, lingkungan sekitar kami.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Strategi kami untuk mengembangkan ide kami yaitu mensosialisasikan di sekolah lain, memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya pola makan sehat, mempromosikan ide kami melalui suatu events olahraga. Selain itu kami juga akan memberikan workshop tahunan di sekolah dengan dibantu oleh komunitas duta linkungan di sekolah, yang membahas tentang materi pola hidup sehat.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

5 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of angelique_nov gunadi

Ide tersebut sudah bagus dan menurut kelompok kami lemonion mungkin dapat diberi keterangan manfaat dari lemonion untuk tubuh kita serta dapat dipastikan asam lemonion agar tidak berefek negatif terutama pada orang pengidap asam lambung karna dapat saja kambuh dengan asam lemonion

View all comments