Change The Bad Coloring Into A Healty Color

Mengajak masyarakat untuk mengurangi banyaknya penggunaan pewarna makanan buatan pada makanan dengan solusi menggunakan pewarna alami.

Photo of a m e d a
66 126

Written by

Tanggal Lahir

15092004

Lokasi

Jl. Rungkut Lor gang ii (kampung kue surabaya)

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Al-Muslim

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Perluasan (sedang memperluas dampak ke tempat baru, atau dengan cara baru)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

12012020

Situs Web dan/atau Media Sosial

ig: @amidazhra @mpindeee @amrluvx @a.byanhaq email: amidazahara55@gmail.com

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Bahayanya penggunaan pewarna makanan pada makanan sehari-hari, dan meningkatkan penggunaan pewarna alami di kalangan masyarakat

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena sangat berdampak sekali untuk kelanjutan penggunaanya, pewarna makanan yang biasa digunakan juga mengandung zat kimia yang berbahaya, sehingga sangat bahaya bagi tubuh, oleh karena itu kelompok kami bertujuan untuk mengubah banyaknya penggunaan pewarna buatan, menjadi pewarna alami yang terbuat dari bahan bahan yang mudah didapat. dan alasan kenapa kami memilih masalah tersebut, karena masyarakat juga tidak jauh dari penggunaan pewarna buatan itu sendiri.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Membuat pewarna makanan alami dari bahan bahan yang mudah didapat dan dikelola. (gambar hilang, kami telah membuat beberapa pewarna alami dari buah naga, bayam, daun jati kunyit, pandan, dan ubi ungu.)

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Banyak yang mendukung kegiatan tersebut, karena banyak yang berfikir bahwa ide tersebut berdampak baik untuk lingkungan sekitar. sehingga ketika kita meminta bantuan kepada mereka banyak juga yang mau membantu agar kegiatan tersebut terlaksana.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

(program belum diterjunkan kepada masyarakat) dampak untuk masyarakat: harapannya dapat mengubah pola makan masyarakat menjadi lebih baik. Sehingga tidak banyak lagi yang harus merasakan dampak buruk karena pewarna makanan buatan.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

saya memiliki kelompok dengan 4 anggota, yaitu: Amida (saya sendiri), Amirah, Abyan, Mervin. Saya memiliki kelompok yang sangat produktif, mereka memberikan ide ide untuk program yang akan dijalankan, mereka juga sangat kreatif dalam membuat percobaan sehingga kami dapat berhasil membuat pewarna makanan dari bahan bahan alami dan membuatnya menjadi bubuk agar pewarna alami awet. Dan mereka juga sangat aktif dalam memberikan ide ide terbaru. Kamu juga berhasil menjalankan tugas dengan bakat masing-masing, Mervin = dokumentasi, mira=Membuat poster iklan, abyan= ahli fisika, amida=memasak.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

-Ustadzah Eko, beliau adalah pembina kami yang membantu mengarahkan program kerja kami sehingga kami berhasil mendapatkan program yang cocok untuk tugas kerja saya. -Ibu Hayu yang memberikan kami gambaran umum tentang ashoka dan gizi baik, belia juga membantu menajamkan ide ide kami sehingga menjadi program yang baik. -teman-teman kami dan kelompok Ashoka lain yang juga berasal dari SMP Al-Muslim,mereka yang membantu mengembangkan ide dan mensupport kami sehingga kami semangat dalam mengerjakan program ini. -teman-teman dari kelompok kami yang membantu berjalannya program kami.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

cara kerja kami adalah dengan mendekatkan diri ke masyarakat dan memperbanyak komunikasi dengan ibu rumah tangga maupun penjual makanan yang masih menggunakan pewarna buatan. dengan cara pendekatan diri dengan masyarakat maka kami bisa lebih mudah menyebarluaskan penggunaan pewarna makanan alami kepada masyarakat dan mengarahkan masyarakat untuk tetap menggunakan pewarna alami. dan kami juga memperkenalkan produk pewarna alami yang asli kita buat sendiri berupa pewarna bubuk, yang diharapkan produk pewarna kami dapat lebih tahan lama (kekurangan dari menggunakan bahan alami adalah tidak awet)

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

setelah kami mensosialisasikan proyek tersebut kami akan berkunjung lagi setelahnya untuk memastikan kembali apakah sosialisasi kami berdampak baik untuk masyarakat atau tidak.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

jika program kami berhasil, kami akan melanjutkan program kami berupa membuat produk pewarna alami di bantu oleh ahli dalam pangan. sehingga kami dapat menyebar luaskan dampak baik dari pewarna buatan alami.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Penguasaan Teknologi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)
  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta
  • Artikel berita
  • Dari mulut ke mulut

Attachments (1)

ashokaaa.docx

hasil responden wawancara tentang makanan favorit kepada masyarakat sekolah

66 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of ula rahma

idenya buagus! saya suka puol!semangat yaa anak anak ku..

View all comments