Berdagang buah dan sayur tanpa uang tidak bimbang

Berbisnis dengan Berdagang buah dan sayur tanpa menggunakan uang sebagai alat tukarnya, namun menggunakan kartu seperti ATM.

Photo of Yunita Permatasari
2 0

Written by

Lokasi

Di desa Wonosari, kecamatan Puger kabupaten Jember provinsi Jawa timur

Nama Sekolah/Komunitas

Universitas Jember

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

2022

Situs Web dan/atau Media Sosial

Ig: ypermatasari06 FB: Yunita Permatasari Email: ypermatasari06@gmail.com

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Dengan ide adanya ide ini, masalah yang ingin saya selesaikan yaitu malasnya para remaja dan ibu rumah tangga untuk membeli sayuran dan buah-buahan yang segar karena jarak yang jauh dan proses jual beli yang membosankan. Permasalahan kedua yang isin saya selesaikan yaitu pola makan yang kurang sehat di kalangan remaja mahasiswa yang dikarenakan sifat mager yang menggelandeti para remaja tersebut untuk melakukan pola hidup sehat setiap harinya

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Dengan ide ini saya ingin menyelesaikan masalah pola hidup yang kurang sehat di kalangan remaja mahasiswa yang saya alami sendiri pada saat ini sebagai mahasiswa. Saya selalu malas untuk membeli bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan karena sifat mager saya terlalu tinggi (biasalah kaum milenial hehe) dan untuk membeli makanan jadi pun saya takut karena banyak tersebarnya penyakit yang tidak diinginkan terjadi di kalangan remaja jika salah memilih makanan dan saya memilih untuk membuat makanan sendiri dengan membeli sayuran sendiri. Oleh karena itu saya membuat ide ini untuk meningkatkan mood para mahasiswa agar tidak malas dan tidak bosan untuk membeli dan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan demi mempertahankan gizi seimbang

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Masalah yang saya temukan dan saya angkat dalam ide saya kali ini yaitu malasnya para remaja mahasiswa dan ibu rumah tangga untuk membeli sayuran dan buah-buahan dalam memenuhi gizi seimbang. Masalah kedua yang saya ngkat yaitu pola makan yang kurang sehat dikalangan mahasiswa. Untuk mengatasi masalah tersebut saya mengangkat ide yang berjudul "Berdagang Buah dan Sayur tanpa Uang tidak Bimbang". Ide ini memiliki tujuan untuk meningkatkan mood para mahasiswa agar tidak malas dan tidak bosan lagi dalam membeli dan melakukan proses jual beli sayuran dan Buah-buahan setiap harinya untuk mempertahankan gizi seimbang dan juga meningkatkan semangat para ibu rumah tangga agar tidak malas karena melakukan jual beli sayuran dan buah buahan, karena ide yang saya angkat ini dilakukan dengan proses yang sangat menyenangkan dan tidak membosankan pada tahap jual belinya. Metode yang saya gunakan dalam jual beli buah buahan dan sayuran yaitu dengan metode permainan seperti tes pengetahuan umum atau tebak tebakan dan juga permainan ular tangga. Langkah awal yang saya gunakan yaitu dengan membeli kartu yang telah terisi saldo yang dapat digunakan untuk melakukan permainan.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Jika ide ini dapat diterapkan dan direalisasikan di kehidupan nyata maka akan memunculkan dampak yang baik bagi kelompok sasaran dan kelompok yang terlibat. Kelompok sasaran yang saya ambil yaitu remaja mahasiswa. Contoh spesifik yang saya ambil yaitu seorang mahasiswa yang sedang menempuh sarjana, diploma, maupun magister pastinya akan memiliki tugas yang menumpuk disetiap harinya dan untuk merefresh otak mahasiswa tersebut yaitu dengan hiburan dan ide ini saya angkat untuk menghibur para mahasiswa melalui permainan jual beli sayuran dan Buah-buahan agar otak para mahasiswa tersebut menjadi lebih segar kembali dan sedikit menghibur diri.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Jika ide ini terealisasi saya menggunakan tim yaitu satu teman yang saya percayai, ibu dan kakak saya. Teman saya tersebut memiliki Kemampuan yang dapat melengkapi saya. Ibu dan kakak saya memiliki sikap yang dapat mendorong saya melakukan ide ini dan mereka berdua merupakan motivator terbaik menurut saya dalam kehidupan saya.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Ide saya masih belum saya realisasikan dalam kehidupan nyata, rencananya jika usaha saya tersebut lancar dan berkembang besar saya akan melibatkan teman-teman seperjuangan saya yang membutuhkan kerjaan sampingan sekalian beramal kepada mereka yang membutuhkan uang saku dan ingin hidup mandiri dengan tidak membebani kedua orang tua.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Yang membuat ide saya berbeda dengan ide ide yang lain yaitu karena ide saya menggunakan metode jual beli yang unik dan juga metode pembayaran yang tidak digunakan oleh ide ide lain.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Sumber daya/dukungan yang saya butuhkan untuk memastikan ide saya terus berlanjut dan bertahan yaitu dengan doa dan dukungan dari kedua orang tua tak hanya itu, sumber daya dari para petani sayuran dan buah-buahan pun terus saya butuhkan dan saya harus lebih memiliki kenalan atau relasi yang lebih banyak lagi agar ide saya tersebut dapat terus berjalan.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Strategi agar ide saya dapat terus berjalan yaitu dengan membuat program baru tiap bulannya dan melakukan giveaway dan potongan harga pada tiap minggunya agar para konsumen tetap menikmati ide yang saya buat tersebut

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Dari mulut ke mulut

2 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments