Healthy Snack Gracilaria Ball

Gracilaria Ball merupakan alternatif jajanan sehat yang tinggi serat tetapi rendah kalori.

Photo of Aisyah Rahmawati
5 5

Written by

Tanggal Lahir

112002

Lokasi

Waru, Sidoarjo, Jawa Timur

Nama Sekolah/Komunitas

SMA Al Muslim Sidoarjo

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

102019

Situs Web dan/atau Media Sosial

IG : @bananais20 @lurzky Twitter : @aissssss6 Video: https://drive.google.com/file/d/1DRRkdAN19a_oNo5JtdH8KCDG3CEFnO0K/view?usp=sharing

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Tingginya minat anak sekolah terhadap jajanan kurang sehat sehingga kami memberikan alternatif agar jajanan itu tetap tersedia tetapi dalam produk dan proses yang lebih sehat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena kami berada di lingkungan tersebut (sekolah) dan kami ingin ada perubahan baik terhadap komposisi bahan yang terdapat dalam jajanan maupun perubahan pola konsumsi di lingkungan tersebut.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Melakukan sosialisasi di seluruh warga sekolah bekerjasama dengan stakeholder sekolah.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Gracilaria Ball bisa menjadi alternatif makanan pengisi kantin sekolah sekaligus disisipkan edukasi tentang pentingnya nilai gizi dari suatu jajanan tidak hanya sekedar enak dan menarik.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Diharapkan terjadi perubahan pola pikir terutama warga sekolah untuk mengutamakan nilai kandungan gizi dari makanan yang disediakan di kantin sekolah. Tidak hanya sekedar enak dan menarik tetapi juga mengutamakan kesehatan.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Tim kami terdiri dari 2 orang, salah satunya bertugas dalam penguatan teori akan produk yang kami buat dan satunya lagi berperan dalam praktik pengolahan dan inovasi produk yang dibuat.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami telah melibatkan guru pendamping dan berencana untuk melibatkan masyarakat sekolah untuk mensosialisasikan produk kami.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Kami berfokus pada ketersediaan jajanan yang digemari oleh anak sekolah dengan bahan produk yang mudah dicari. Pentol atau bakso yang biasa akan menggunakan tepung terigu sebagai bahan tambahan tetapi kami menggunakan agar-agar dengan harapan mengurangi konsumsi gluten.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Ketersediaan bahan produk yang mudah dan murah serta dukungan sekolah dan orangtua.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Mempromosikan lebih intensif dan membuat desain kemasan yang menarik, melibatkan orangtua, teman-teman, dan orang terdekat serta memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk lebih luas.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Situs web Saya Pemberani
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

5 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments