let's g green

penerapan GREEN HOUSE, satu tanaman beribu manfaat.

Photo of lailatul mubarokah
1 1

Written by

Tanggal Lahir

11132001

Lokasi

Balet Baru, Sukowono, Jember

Nama Sekolah/Komunitas

Madrasah Aliyah Nurul Qarnain

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

102019

Situs Web dan/atau Media Sosial

lailatulmubarokahlala@gmail.com

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Melihat kondisi di Indonesia khususnya Jawa Timur yang sedang gawat gizi serta masalah lingkungan hijau yang telah menurun. Ini disebabkan karena kurangnya pasokan bahan makanan sehat dan kurangnya kesadaran terutama generasi milenial terhadap lingkungan. Kami berharap dengan adanya green house, akan merubah karakter generasi milenial akan lebih cinta terhadap lingkungan dan hasil dari green house dapat dibuat bahan pangan yang sehat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saat ini, presentase masyarakat kurang gizi di Jawa Timur terbilang sangat tinggi, dan itu bukanlah hal yang sepele, haruslah ada penggagas awal demi perubahan Jawa Timur yang lebih baik. selain gawat gizi, Indonesia juga mengalami exploitasi hutan secara besar besaran. Jika kita melihat Indonesia beberapa tahun kedepan terus mengalami hal tersebut, tidak menutup kemungkinan di Indonesia akan terjadi EFEK RUMAH KACA.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Dalam sistem pembuatannya, kami memiliki beberapa tahap. 1. kami akan mengumpulkan tanaman yang banyak memiliki manfaat dan diletakkan dalam satu tempat yang bernama" let's go green".untuk membantu pembangunan, kami mengajak orang-orang sekitar khususnya para siswa dengan tujuan agar mereka dapat berpertisipasi dalam mencintai alam sekitar. setiap orang yang berkunjung akan dikenakan tarif untuk penambahan?pembelian tanaman baru dan mereka yang selesai berkunjung mendapatkan sovenir cantik sebagai bentuk penghargaan bahwa mereka ikut serta dalam cinta lingkungan. dan hasil dari tanaman tersebut bisa dikelola menjadi makanan sehat dan dapat dijual hasil dari penjualan akan di masukkan ke kas. sebagai bentuk promosi, kami akan menggalakkan "wajib satu ruangan satu tanaman" .

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dampak dari program let's go green secara kualitatif akan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. dan secara kuantitatif akan berdampak pada daerah yang terkait. dkarenakan manfaatnya akan lebih terasa.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

1. siti rosilah , orang dengan tipe kolerisnya dapat memimpin kelompok secara tegas 2. lailatul mubarokah, memliki sifat melankolis dia cocok dalam setiap kondisi, dia memiliki rencana yang tertata sehingga suatu program dapat beralan dengan lancar. 3. zulfa, berkepribadian sanguinis dapat bersosialisasi secara cepat dan tidak canggung jika bertemu orang baru 4. fitria ulfatul hasanah, juga memiliki sifat yang sanguinis, namun dia lebih ingin menjadi pusat perhatian sehingga dia akan melakukan apa saja agar menjadi famous "kami yakin bahwa tim ini akan saling melengkapi satu sama lain."

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami akan memimta izin kepada lembaga terkait untuk membangun program tersebut. Kami juga melibatkan seluruh komponen masyarakat terutama para generasi muda akan pentingnya kesadaran cinta lingkungan.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Kami akan membuat program let's go green yang didalamnya terdapat banyak tanaman dan satu tanaman memiliki banyak manfaatnya dan akan mengumpulkannya dalam suatu tempat.contohnya ialah tanaman ciplukan, selain dibuat sebagai tanaman hias, tanaman ini memiliki banyak manfaat, dan masih banyak lagi tanaman yang serupa. hal ini juga strategi untuk memperkenalkan tanaman obat.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Jika program ini berhasil, kami akan mempromosikan kepada lembaga atau sekolah lain sebagai bentuk rasa cinta terhadap lingkungan. apabila ada terjadi kemungkinan salah satu dari kami berhenti, maka kami akan merekut anggota baru untuk meneruskan program ini

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Semakin lama, program ini akan mendapatkan perkembangan secara signifikan, dan mendapat pembaharuan yang lebih baik.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • sarana prasarana tempat yang akan dikelola

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

Attachments (1)

1 comment

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!