"PoN Fest"

Power of Nutritions Fest

Photo of angelique_nov gunadi
3 8

Written by

Tanggal Lahir

10606

Lokasi

Pertama di lingkungan sekitar dahulu yaitu SMP St Maria Surabaya & kami akan mangajak sekolah lain

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Santa Maria Surabaya, Duta lingkungan dan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

270919

Situs Web dan/atau Media Sosial

Instagram: @jenniferandre_ @angelique_nov @power.nutritions Email jennifer:j3nnif3randr3a01@gmail.com

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Cara berpikir remaja yang cenderung ikut-ikutan dalam hal makanan karna terpengaruh oleh orang lain disekitarnya padahal belum tentu makanan yang mereka makan mendukung kesehatan tubuh mereka sendiri.Karena masalah ini juga sebagai sumber ketertarikan bagi lingkungan masyarakat lainnya (teman sebaya,orang dewasa,dan orang yang lebih mudah)karena mereka cenderung mudah dipengaruhi dan tertarik hal baru.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya Angel sendiri:karna mempunyai sahabat bernama jazzlyn yang suatu ketika ia lapar dan ingin mencoba batagor belakang sekolah karna ramai dan enak katanya setelah saya bilang ia tidak percaya karna sudah mendesak lapar akhirnya ia sadar bahwa makanan tersebut tidaklah enak dan membuat perut sakit Jennifer: Saat Saya liburan dengan kakak dan sepupu,mereka tertarik dengan sebuah makanan yang tersedia di sebuah toko jajan karna warnanya sangat menarik dan lagi trend dimedia sosial maupun saat itu,sebenarnya Saya sudah dilarang oleh orang tua akan tetapi masih saja ingin mencobanya.Esoknya kakak dan sepupu Saya sakit perut dan batuk atas kejadian itu Saya tidak ingin hal itu terjadi dan dialami lagi untuk keluarga,teman, dan orang lain.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Event ini terdiri dari beberapa kegiatan: 1.Workshop:kami ingin menunjukan dan menyadarkan kepada anak remaja bahwa tidak semua makanan mendukung kesehatan tubuh mereka serta pentingnya gizi untuk pertumbuhan tubuh mereka. 2.Makan berkesadaran:makanan ini terdiri dari sayur,lauk pauk(tidak ada daging),buah,susu,nasi atau mie.Sebelum makan kita memberikan penyadaran terlebih dahulu untuk mensyukurinya dan memakan sampai habis karna dalam makanan tersebut ada gizi yang baik bagi tubuh mereka. 3.Permainan gizi:semua permainan yang berkaitan dengan gizi yang secara tidak sadar membuat mereka berpikir pentingnya gizi serta gizi yang baik dan tidak di tubuh mereka,karna permainan cenderung menyerukan serta dapat teringat dalam pikiran kita. 4.Lagu gizi:kami ingin membuat lagu gizi karna lagu cenderung dapat diingat oleh semua orang dan jika terus menerus didengarkan dapat bisa diingat liriknya dan mereka juga berpikir tujuan lagu atau lirik tersebut. Kami ingin menunjukan terlebih dahulu kepada teman sebaya kami yaitu SMP(Sekolah Menengah Pertama),nantinya dapat SD(kelas 5 dan 6) dan SMA(Sekolah Menengah Atas).

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Kita senang karna jika suatu orang atau kelompok menggunakan ide tersebut mereka berpikir bahwa acara atau event ini mempunyai tujuan yang baik maka dari itu mereka mencoba ide ide ini.Dan dengan hal itu ide kita dapat lebih dikenal karna ide ini adalah murni dari kita sendiri.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Makan berkesadaran yang dilakukan setiap hari jumat(kelas 7, 8, 9, dan guru-guru SMP Santa Maria Surabaya). Dan kami juga membuat akun instagram yang sedang dijalankan yaitu @power.nutritions disini kami akan menjelaskan gizi-gizi atau kandungan yang ada dalam makanan,dan kita baru melakukan perkenalan yang bermaksud apa tujuan kita sebenarnya.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

1.Jennifer Andrea:sbagai "konseptor" yang mempunyai gagasan atau ide-ide yang nantinya akan dijalankan 2.Saya sendiri Angelique Novelyn: sbagai "eksekutor"yang bertugas menjalankan gagasan atau ide-ide jennifer dengan baik Jika tugas jennifer sudah selesai maka Ia akan membantu Saya(Angel) untuk menjalankan ide-ide tersebut.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

-Duta Lingkungan SMP Santa Maria Surabaya: membantu menjalankan acara & meneruskan program ini setiap tahun walau jika kita sudah tidak di SMP Santa Maria Surabaya. -Organisasi Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia: yaitu beranggota dari mahasiswa-mahasiswi yang pastinya lebih berpengalaman dan banyak mengetahui ilmu pangan dan nutrisi.Kami ingin melibatkan mereka agar dapat membantu kami dalam materi workshop serta menjalankan acara ini. -Sekolah-sekolah sekitar Surabaya:agar dapat tersebar luaskan dan memeriahkan acara dengan setiap tahunya karna akan berbeda tuan rumah.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Kami membuat acara atau event yang secara tidak langsung dapat membuat mereka sadar dan mengubah pola pikir mereka tentang makanan maupun gizi untuk tubuh mereka.Serta nantinya saat acara terlaksanakan memakai bahasa yang tidak terlalu formal agar anak-anak remaja dapat menikmatinya dengan santai dan menyenangkan.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

1.Menjadikan program komunitas Duta Lingkungan SMP Santa Maria Surabaya agar dapat berjalan terus menerus karna generasi atau anggotanya stiap tahun akan berganti dan kami percaya bahwa mereka mempunyai ide-ide unik yang dapat digunakan 2.Mengajak sekolah-sekolah lainnya agar dapat tersebar luaskan dan dapat bersosilisasi juga serta dengan itu setiap tahun dapat berbeda-beda tuan rumah

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

1.Membuat acara ini dapat dilaksanakan oleh sekolah lain agar mereka yang belum mengetahui apa sebenarnya acara ini dapat penasaran dan tertarik. 2.Membuat seluruh tema acara maupun rundown berbeda setiap tahunya agar tidak membosankan. 3.Materi workshop dan permainan gizi berbeda setiap tahunya agar tidak membosankan dan permasalahan yang ingin kita sampaikan tidak selalu sama terus menerus 4.Selalu memikirkan apa yang disukai anak-anak remaja saat itu agar acara selalu menyenangkan dan mereka selalu menikmatinya. 5.Lokasi yang berbeda setiap tahunya karna ada sekolah-sekolah lain yang dapat diajak kerja sama dan menjadikanya tuan rumah agar lokasi tidak selalu di SMP Santa Maria Surabaya.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Situs web Saya Pemberani
  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya
  • Artikel berita
  • Mencari di Google

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

View all comments