Go-Health (product by marsha)

Suatu produk yang dijual yang bertujuan untuk membantu meningkatkan gizi serta kekebalan tubuh serta mengalihkan dari makanan tidak sehat.

Photo of captain_ marvel
6 1

Written by

Tanggal Lahir

29062004

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

Sma muhammadiyah 10 Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

102019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Ig: marsha.dn

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Kebiasaan memakan makanan tidak sehat di lingkungan sekitar

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Tentu saja mengganggu. Akan banyak orang terkena penyakit yang disebabkan gizi memburuk serta kekebalan tubuh menurun. Yang membuat saya ingin bertindak adalah karena pengalaman dulu pernah sakit parah gara-gara makan makanan tidak sehat

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Menjual produk yang bergizi serta bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Mereka menjadi teralihkan dari membeli makanan tidak sehat menjadi membeli makanan sehat. Serta peningkatan gizi baik di tubuh mereka.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Menurut teman saya leyla yang setiap hari membeli dagangan saya, Dia jadi nggak beli makanan sembarangan, juga pengeluaranya lebih sedikit daripada dia membeli makanan yang biasanya.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • No

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Saya individu

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Teman saya sendiri lah pihak yang terlibat, setiap hari dia membeli makanan saya, kebetulan juga dia adalah salah satu orang yang setiap harinya membeli makanan tidak sehat dikarenakan mamanya tidak memasak bekal untuknya.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Saya pikir berikut faktor yang membuat ide saya berbeda: 1. Dijalankan dengan jualan makanan bergizi 2. Harga murah 3. Langsung turun ke lapangan tanpa perantara apapun 4. Kebanyakan pembeli adalah teman dekat dan sekelas 5. Bertujuan untuk meningkatkan gizi serta mengalihkan dari membeli makanan tidak sehat

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Dengan tetap berjualan serta mengembangkan menunya menjadi lebih bervariasi agar konsumen tidak bosan. Dukungan yang dibutuhkan adalah dukungan para konsumen yang selalu membeli serta pendapat mereka mengenai menu saya.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Membuat menu yang lebih bervariasi setiap minggunya

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Keuangan
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

6 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments