Penelitian tentang stunting

Pencegahan stunting saat 1000 hari kehidupan, dengan memenuhi gizi yang ada dengan mebuat bubur yang mengandung gizi gizi yang diperlukan.

Photo of Chelsea Gautama
1 0

Written by

Tanggal Lahir

26

Lokasi

Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

9

Situs Web dan/atau Media Sosial

Chelseafransiska_

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Tentang stunting, penyebabnya karena orang tua kurang memperhatikan kelengkapan gizi anak meraka. Karena anak-anak tidak hanya perlu makanan yang mengenyangkan, tapi juga bergizi. Bergizi yang dimaksud terdapat karbohidrat, protein, mineral, vitamin, zat besi dan masih banyak lagi. Yang kedua adalah pemberian asi minimal harus 2 tahun untuk memenuhi gizi yang ada

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya peduli dengan masalah ini karena banyak diantara teman saya yang memiliki tinggi badan dibawah rata-rata. Kemudian yang kedua karena ini juga berdampak negatif untuk indonesia karena stunting ini menyebabkan kerugian yang besar. Ketiga stunting juga dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan penyakit tidak menular lainnya. Karena saya tidak mau apa bila masa depan bangsa ini akan terhalangi oleh yang namanya kekurangan gizi kronis atau stunting.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Saya akan membuat bubur dimana bubur disaya buay mengandung gizi-gizi yang diperlukan. Dan panduan pemberian makanan dan asi. Serta tak lupa juga kebersihan saat penyiapan dan penghidangan

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Anak anak yang berusia kurang dari 2 tahun yang memiliki orang tua yang tidak mengerti tentang gizi. Karena dengan tidak mengertinya orang tua soal gizi maka gizi anak tidak terpenuhi dengan baik

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dampaknya tingkat stunting yang ada dapat berkurang. Orangtua juga lebih sadar tentang pentingnya gizi. Karena gizi tidak hanya mempengaruhi metabolisme tapi juga mempengaruhi masa depan dan otak anak. Menurut saya orang yang mendapatkan dampak dari ini 50 orang -100 orang

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • No

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Guru pendamping, karena guru pendamping akan mengarahkan ide saya agar dapat tercapai

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Saya dan guru pendamping akan menentukan ide dan langkah selanjutnya akan mengarah kemana

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Yang pertama itu partisipasi ibu yang memiliki anak dibawah dua tahun. Karena dengan saya mewawancarai ibu-ibu itu dapat menambah pengetahuan saya tentang gizi. Karena setiap ibu pasti memiliki pengalaman tentang gizi yang berbeda beda. Yang kedua guru pendamping, karena guru pendamping akan mengarahkan ide saya.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Setelah pembuatan bubur tidak hanya cara dan bahan yang diperlukan. Tapi saya akan memberikan tata cara untuk menyiapkan dan menghidangkan. Mulai dari kebersihan, tekstur dan masih banyak lagi

1 comment

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!