GO♥️HEALTH

Go-Health adalah suatu gerakan yang terdiri dari beberapa program untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Photo of Daffa Dhiya Ulhaq
4 3

Written by

Tanggal Lahir

16092003

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMA Muhammadiyah 10 Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

10112019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Instagram: @daffa1609

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Jajanan yang dijual pedagang biasa secara bebas tidak teramin sehat dan biasanya tidak memperhatikan kandungan gizinya sehingga terciptanya lingkungan yang tidak sehat. Menyebabkan anak-anak tidak memiliki akses untuk memilih makanan sehat. Hal ini menyebabkan lingkungan tidak sehat dan menimbulkan penyakit.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya pernah sakit karena makan jajanan di sekolah yang tidak sehat. Ternyata teman-teman saya juga merasakan hal yang sama. Aku ingin bertindak agar terciptanya lingkungan sehat dan tidak banyak lagi yang sakit.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Membuat gerakan Go-Health dengan beberapa program antara lain menghidupkan kantin sehat, yaitu kantin yang menjual makanan sehat yang sesuai dengan saku anak sekolah. Kita mengajak semua pihak agar menjual makanan sehat. Selain itu untuk meningkatkan kesadaran remaja terhadap makanan sehat, dengan cara *Challenge minum jamu *Challenge makan makanan sehat *Brosur tentang yang kesehatan.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Mereka akan teralihkan dari kebiasaan membeli di kantin sehat ketimbang beli diluar. Yang belum terjamin kesehatannya.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Ada satu orang yang teralihkan kebiasaannya dari jajan yang tidak sehat menjadi beli makanan sehat. Tapi belum merubah kesadarannya.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Di tim kami ada -Daffa: Berkomunikasi dengan potensi Interpreneur untuk menghidupkan kantin sehat. -Marsha: Yang menjual makanan sehat dan mendesain challenge makan makanan sehat serta brosur tentang kesehatan Juli: Mendesain program Challenge minum jamu.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Potensi entrepreneur dari sekolah kami, untuk membantu mengoperasikan kantin dan mungkin ada beberapa anak pula yang akan menjadi penyuplai.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Ide kami ini tidak hanya menyiptakan lingkungan yang mendukung makanan sehat bergizi, tetapi juga menambah jumlah para penyedia makanan sehat bergizi.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Tentunya para penyuplai yang menitipkan produk makanannya kekantin kami, dan terus didorongkannya rasa peduli dengan jajanan.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Membawanya ke sekolah lain (mungkin)

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Mengelola Tim
  • Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Pengukuran Dampak
  • Para penyedia atau penjual makanan sehat

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

4 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

View all comments