RESPEK (RevoluSi Geprek)

Banyak penjual bahkan konsumen yang kurang perhatian pada kehigenisan makanan. Melalui film pendek yg saya demokan diharap bisa mengubah itu

Photo of Anjani
1 0

Written by

Tanggal Lahir

8042001

Lokasi

Di kantin FKM UNAIR

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Meminimalisir olahan masakan yang kurang sehat& kurang higenis, bahkan berbahaya bagi tubuh. Penyebab utama munculnya masalah ini adalah kurangnya rasa respect individu terhadap pentingnya kebersihan&kehigenisan mekanannya.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Melalui ide yang saya ajukan, yakni video edukasi yang berupa film pendek tentang pentingnya menjaga kehigenisan&kebersihan makanan. Diharapkan mampu menjadi tonggak perubahan menuju hidup sehat, sehingga mampu merubah mindset seseorang tentang pentingnya makanan sehat&bersih. Dalam film pendek ini nanti akan dibuat dua versi yang pertama genre animasi (media edukasi anak-anak) dan kedua genre true story (untuk para mahasiswa).

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Dampak ini bisa terkena siapa saja yang "Sembrono" dalam menyeleksi makanan. Hal ini bisa terjadi di pinggir jalan bahkan di kantin. Masalah ini jika dibiarkan berlaarut-larut, maka akan merugikan banyak pihak, khususnya bagi para konsumen(pelajar/mahasiswa.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Proyek saya nanti akan berjalan lebih lancar, cepat selesai, dan yang pasti tujuan saya bisa langsung tersampaikan kepada objeknya langsung.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Para anak sekolah usia 7-17 tahun dan para mahasiswa sebagai agen perubahan dan penerus bangsa. Serta kepada para penjual ayam geprek, khususnya di kantin FKM UNAIR.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Membagi semua tugas sama rata & membantu yang lain bila ada yang kesuliatan, selalu mendahulukan kepentingan kelompok atas pribadi, dan menjaga kesolidan antar anggota dan kelompok lain.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Dukungan yang sangat saya butuhkan untuk mempertahankan ide saya ini adalah dari orangtua saya pastinya. Dan yang tidak kalah penting adalah dari semua pihak&penerima manfaat dari proyek saya itu sendiri.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Mendemokan ide saya tidak hanya di lingkungan FKM UNAIR saja, tapi harus bisa keluar dari zona nyaman&membawa manfaat bagi semua orang.

1 comment

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!