Si Stevia yang Manis

sumber daya di sekitar kita

Photo of PiTiK U
6 66

Written by

Tanggal Lahir

43006

Lokasi

Wadungasri, Waru, Sidoarjo

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Al Muslim

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

71218

Situs Web dan/atau Media Sosial

@alyssa_citha

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Karena masih banyak remaja atau kaum milenial yang kurang sadar akan bahaya pemanis buatan.Oleh karena itu kami disini akan menyelesaikan dengan membuat pemanis alami dari daun stevia yang tidak mengandung kalori dan kadar kemanisannya 200 kali lebih manis dari gula biasa.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Melihat realita di sekitar kita dengan dampak negatif yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan/minuman yang menggunakan pemanis buatan secara berlebihan sehingga menimbulkan bahaya bagi kesehatan.Kami juga ingin mengenalkan kepada masyarakat luas tentang pentingnya mengolah SDA yang ada disekitar kita untuk dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat baik di kesehatan maupun di kehidupan.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

daun stevia sebagai solusi pengganti pemanis sintetis di sekitar kita

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

semakin banyak orang yang termotivasi/tertarik maka semakin banyak ide yang akan muncul sehingga menambah referensi kita untuk memutuskan/menjalankan/menajamkan suatu kegiatan yang berkaitan dengan peduli akan pemanis sintesis/buatan.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

dengan adanya kegiatan ini kami bisa menambah wawasan tentang TOGA yang mudah kita dapatkan dan memiliki khasiat/dampak yang besar bagi kesehatan dan kehidupan kita.Dan kita juga bisa belajar tentang pentingnya peduli terhadap SDA/lingkungan disekitar kita.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Abim sebagai leader tim Alyssa sebagai penggagas ide Zaki sebagai koordinator uji coba produk Aqis sebagai administrator hasil kegiatan

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Sudah, yaitu pihak sekolah(meliputi guru,teman,dan warga sekolah) dan pihak MANTASA

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

kami menggunakan bahan yang sering dipandang sebelah mata padahal memiliki manfaat yang banyak namun kurang diketahui keberadaan dan pemanfaatannya oleh masyarakat

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

mencoba memasarkan produk hasil uji coba modifikasi makanan, didukung oleh sekolah dan komite sekolah selain daun stevia kita juga bisa memadukan bahan lain untuk dijadikan makanan yang sekiranya memiliki nilai jual yang tinggi di semua kalangan.Kami semua butuh dukungan dari keluarga,teman,guru,dan orang orang sekitar kita

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

melakukan lebih banyak eksperimen untuk bisa memodifikasi variant makanan kemudian dipasarkan di daerah sekitar sekolah.Menggali ide ttg bahan yang sekiranya dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah yang membabi buta disekitar kita. (contoh=diabetes)

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Hubungan Masyarakat
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Situs web Saya Pemberani
  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya
  • Mencari di Google
  • Dari mulut ke mulut

Attachments (1)

6 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya.

SayaPemberani!

View all comments