Source Saine

Meningkatkan nilai jual produk makanan sehat tradisional dari produsen yang tidak terekspos.

Photo of So Shee
7 3

Written by

Tanggal Lahir

2122003

Lokasi

Surabaya, Jawa Timur

Nama Sekolah/Komunitas

SMA KHADIJAH

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

112019

Situs Web dan/atau Media Sosial

INSTAGRAM @Sourcesaine

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Kurangnya kesadaran kaum muda, terutama remaja, akan baiknya kebiasaan hidup sehat membuat kami gelisah dan berkeinginan besar untuk mengubahnya. Didasari dengan rendahnya ekonomi mayoritas warga Indonesia, mereka lebih mementingkan kuantitas makanan daripada kualitas hidup.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

(Amanda) Dari pengalaman pribadi saya, orang tua sibuk yang jarang memasak membuat saya memilih junk food yang praktis dan mudah didapat. Walaupun ada keinginan membuat makanan sehat, bahan dan resep jarang tersedia, terlebih, didukung dengan rasa malas.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Solusi yang kami jalankan ialah menjadikan kaum muda sadar dan menerapkan kepentingan makanan sehat di kehidupan sehri - hari. Kami mewujudkannya dengan membuat kemasan menarik untuk suatu makanan, yang memiliki kode untuk daftar sebagai member website kami. Website tersebut berisi kuis kesehatan dan resep makanan sehat yang bisa diakses lebih luas oleh member SourceSaine.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Bila usaha kami populer, kelatahan warga Indonesia akan membuat usaha makanan sehat menjamur. Banyak penjual yang bersaing untuk membuat produknya bagus dan laku. Karena jenis makanan/minuman yang dijual merupakan yang sehat dan bergizi, maka daerah yang memiliki banyak penjual tersebut akan terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Kami berharap peminat fast food dan junk food dari kalangan remaja akan berkurang, bahkan 'punah'. "Healthy is the new beauty". Tidak hidup sehat akan hilang dimakan waktu.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Nesha : Akan ada bagian pendesain kemasan Amanda : Pemasaran lewat sosial media Vito : Perancang projek ke depan Daffa : Penjembatan antara pedagang dengan tim kami.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami mengharapkan kerjasama dengan IT (app developer), manager keuangan, desainer visual, serta membangun kerjasama dengan koperasi atau kantin sekolah.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Salah satu keunggulan projek kami yaitu ketika pedagang pada umumnya tidak memperhatikan keunikan packaging produk, kami akan membuatnya menarik.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Untuk keberlangsungan projek kami, kami akan terus memantau jumlah pengakses website. Pembaharuan kuis dan resep akan terus dilakukan agar tidak membosankan.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Rencana kami untuk mengembangkan ini adalah dengan giat mempromosikan di media sosial agar kerap muncul di feed pengguna sosial media. Harapan terbesar kami ialah memiliki booth offline, mulai dari stand bazaar, franchise di mall, bahkan hingga restoran.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Keuangan
  • Desain Visual
  • Penguasaan Teknologi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Situs web Saya Pemberani
  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

7 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments