Lady finger

Mengganti minuman instan kemasan yang mengandung pemanis buatan dan pengawet berbahaya dengan okra drink

Photo of Citra Fadila

Written by

Tanggal Lahir

4282002

Lokasi

Sman ambulu Jember

Nama Sekolah/Komunitas

sma negeri ambulu

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

92019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Fb: citra najwa fadila Telegram: @citrafadila28 Email: citrafadila07@gmail.com

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

minuman instan kemasan sangat diminati oleh masyarakat, padahal minuman tersebut mengandung pemanis buatan, pengawet, serta bahan berbahaya lainnya. Konsumsi tersebut dikarenakan rasanya yang enak, praktis, serta harga yang terjangkau terutama untuk kalangan pelajar. Selain itu, trend mengonsumsi minuman cepat saji membuat banyak kalangan mengikutinya. mengonsumsi zat toxic akan merusak kinerja organ-organ dalam tubuh, sehingga kesehatan fisik akan tergerus dan berakibat terganggunya kemampuan beraktivitas, oleh karena itu masalah ini penting diselesaikan. Kurangnya pengetahuan tentang bahaya minuman instan serta ketidakpedulian tentang konsumsi minuman sehat menjadi akar permasalahan ini.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Teman-teman di SMA Negeri Ambulu sangat sering mengonsumsi minuman instan, padahal minuman tersebut mengandung pemanis buatan dan pengawet yang bila terus dikonsumsi berpotensi mengakibatkan obesitas dan penyakit kronis. Padahal sebagai generus bangsa kita harus sehat secara fisik dan mental.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Melihat masalah tersebut kami berinovasi untuk membuat sebuah trobosan minuman berbahan okra yang tak hanya menghilangkan dahaga namun juga baik untuk kesehatan. Kami juga akan mensosialisasikan tentang bahaya minuman instan dan menyadarkan masyarakat terutama warga SMAN Ambulu agar dapat menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi minuman yang berbahan sehat pula.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Vania, salah satu teman kami sering mengeluhkan sakit tenggorokan ketika mengonsumsi salah satu produk minuman instan kemasan yang dijual di sekolah. Ia merasa tenggorokannya meradang dan membuat badannya terasa lemas. Namun setelah ia mengonsumsi minuman okra ia merasa badannya terasa segar disamping itu rasa dahaganya juga hilang.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Setelah tau tentang manfaat okra ada beberapa pihak yang mulai mengonsumsinya, yakni pak tohari, vania, dan beberapa teman sekolah kami. Terbukti konsumsi minuman okra dapat menambah daya tahan tubuh, membuat tubuh menjadi segar dan tidak menyebabkan sakit tenggorokan. Oleh karena itu mereka mulai meninggalkan konsumsi minuman instan kemasan dan lebih memilih untuk mengonsumsi minuman okra.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Dito: bidang referensi, videografi prostu: pengenalan pada masyarakat vania, citra: pewawancara, pengamat masalah disamping tugas tersebut, dalam pembuatan produk kami selalu berdiskusi dan saling bertukar pikiran untuk menentukan langkah berikutnya.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Selain tim inti kami menggandeng seorang guru yang bersedia menjadi suplier okra untuk kami olah dan dia juga yang memberi masukan masukan dari minuman yang kami buat. Kedepannya kami berharap dapat bekerja sama dengan koperasi sekolah serta kantin-kantin untuk menyebarluaskan okra drink.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Penggunaan okra yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Kami melakukan pendekatan pada masyarakat terutama warga smana baik guru maupun siswa dengan pemberian sampel produk lalu meminta mereka untuk mencoba dan memberi kritik dan saran. Kami sangat terbuka dan tidak melebih lebihkan produk okra drink buatan kami.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Peran aktif dari lingkungan sangat mendukung upaya yang akan kami lakukan. Kami akan merangkul guru-guru dan mitra usaha( produsen okra) serta meminta masukan dari konsumen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Pada bulan ini kami berupaya untuk mencari formula terbaik dari produk kami, setelah itu beberapa bulan berikutnya kami adakan sosialisasi serta pengenalan produk pada warga smana dan teman-teman sekolah lain di wilayah ambulu.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

Complete this evaluation to see the results from the rest of the community

The community is currently evaluating this idea.

10 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments