"Pahlawan Gizi Gen-Z"

Mengajak para remaja khusunya anak mengenal gizi sejak usia dini dengan cara menjadi penyelidik jajanan di sekitar.

Photo of Alifatus soleha Putri
3 1

Written by

Membuat suatu kegiatan dengan prinsip  belajar sambil bermain karena sasaran dari ide ini adalah anak dan remaja. Bekerja sama dengan guru , anak-anak diajak untuk menyelidiki makanan di sekitar dengan narasumber para penjual makanan ,yang harapannya mereka akan tau mana yg baik konsumsi atau tidak. Dimana mereka dapat belajar tentang gizi dan sekaligus menyalurkan kreatifitas mereka juga. 

Tanggal Lahir

60203

Lokasi

SDN Jember Lor 3

Nama Sekolah/Komunitas

SMA N 4 JEMBER

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

1119

Situs Web dan/atau Media Sosial

WA: 083857218542 Ig : alifatsptr_

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Para remaja khususnya anak anak di Jember tidak tahu apakah jajanan yang mereka konsumsi sehat dan aman bagi mereka. Banyak jajanan di Jember yang tidak sehat, dalam artian gizi yang terkandung tidak seimbang maupun cara pengolahan yang dilakukan tidak higienis. Anak-anak pun berhak tau apakah makanan yang mereka konsumsi berbahaya atau tidak untuk mereka makan. Karena tak semua anak bisa diawasi langsung oleh para orang tua, maka dari itu pendidikan tentang kesehatan amat diperlukan

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya dulu seringkali makan jajanan yang tidak sehat, yang menyebabkan saya terkena paru paru kotor. Karena inilah, saya tak mau anak anak jaman sekarang menjadi seperti saya yang mengidap paru paru kotor akibat tak tau masalah apa yg timbul saat kita memakan sesuatu. Dan sebab itu mereka, anak anak, berhak mendapatkan pelajaran tentang kesehatan sejak dini

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Kami ingin membuat suatu perubahan tentang pentingnya hidup sehat. Sasaran dari ide kami ini adalah anak dan remaja Jember (usia SD dan SMP). Disini kami ingin bekerja sama dengan sekolah dan guru, untuk meningkatkan kesadaran anak dan remaja tentang gizi jajanan yang mereka konsumsi setiap harinya. Anak dan remaja pertama akan diberi edukasi berkaitan tentang gizi seimbang, kemudian mereka akan diberikan misi untuk melakukan penyelidikan ke kantin sekolah berkaitan dengan sehat tidaknya makanan yang dijual. Akhirnya mereka akan menyuarakan ide / solusi yang berkaitan dengan makanan sehat di lingkungan sekolah.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Adik saya pribadi, karena saya paksa mensurvei para pedagang makanan didekat rumah mulai hari itu sudah was was akan makanan apa yang akan dimakannya. Seolah menjadi kebiasaan dia bertanya, apakah makanan ini sehat? Ada pengawetnya nggak kak? Ini baru satu orang, bayangkan bila anak anak juga memberi respon yang sama? Bukankah itu baik.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Setelah diberi edukasi tentang gizi, mereka lebih was was memilih makanan. Mereka melihat dulu ke komposisi yang terkandung. Serta mereka memiliki wawasan lebih luas tentang gizi, utamanya pada gizi seimbang.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Ardhiyah, sebagai co fasilitator Ikbar, sebagai dokumentator Vinda, sebagai fasilitator 2 alifatus, sebagai fasilitator 1

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Ada, Sekolah dan Guru. selain itu rencananya akan melibatkan mahasiswa ilmu gizi sebagai narasumber dan pedagang makanan di kantin sekolah

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Uniknya disini anak dan remaja (sasaran utama) bisa belajar sambil bermain, sebab anak dan remaja sangat suka bermain. Disini remaja bisa secara aktif berdialog dan mencari tau sendiri sepuas mereka.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

- Open donation ( Membuka paket donasi dan menjual produk 'changemakers' ) - Bekerjasama dengan LSM atau UKM sekitar - Open volunteer self funded ( Merekrut relawan untuk membantu pelaksanaan kegiatan )

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Saya berharap lingkup ide saya ini bisa semakin meluas dan dapat bermanfaat bagi anak anak diluar sana. Program baru yang akan saya canangkan selanjutnya adalah - Seminar dan sosialisasi kepada para penjual makanan, dimana ini akan bekerja sama dengan pihak pemerintah dan dokter gizi diharapkan nanti akan adanya syarat syarat umum untuk uji kelayakan makanan penjual makanan. - Pembuatan paket modul kegiatan yang dapat dikerjakan oleh guru - Membuat iklan tentang Pahlawan Gizi Gen-Z - Penyuluhan gizi ke desa desa

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Keuangan

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya
  • Dari mulut ke mulut

Evaluation results

0 evaluations so far

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

Spam
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

Spam
Photo of Old Friend

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!