Fruit-ijs

Ide ini tentang membuat es krim yang berbahan dasar yogurt. Kami menggunakan bermacam macam buah.

Photo of Yoena Febilia
5 2

Written by

Tanggal Lahir

3022003

Lokasi

Di daerah surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMA KHADIJAH SURABAYA

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

15112019

Situs Web dan/atau Media Sosial

IG: yoenafebilia IG: _anindsa IG: ameell09

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Di kalangan remaja banyak sekali yang suka makan es krim. Namun hampir semua es krim mengandung hampir 20% gula, meskipun sepele namun itu bisa meningkatnya tingkat obesitas dan menjadikan es krim sebagai makanan yang kurang sehat. Dan juga mengubah pola pikir anak anak yang berfikir buah itu tidak enak serta mengubah pola makan remaja masa kini yang suka memakan makanan yang kurang sehat. Dari yang suka membeli junk food jadi ingin mengubah ke hal yang sehat dan menarik. Jadi bisa membuat daya tarik remaja tersebut untuk hidup sehat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya (yoena) punya seorang teman yang berat badannya sekitar 70 Kg dia sangat menyukai es krim, tujuannya saya membuat es krim yogurt buah ini untuk mengurangi tingkat obesitas yang ada di indonesia, dan untuk membujuk para remaja jauh lebih menyukai buah

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

kami akan memulai untuk menjual kepada teman teman sekolah kami, lalu kami juga akan menjual produk kami di sekitar tempat yang sekiranya banyak penjual.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

InsyaAllah yang akan terjadi, para remaja jaman sekarang jauh lebih menyukai makanan sehat seperti buah.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Banyaknya remaja yang semakin menyukai buah walaupun melalui es krim yang berbahan dasar yogurt, dan mereka bisa menyukai buah walaupun tidak lewat es krim setidaknya mereka menyukai buah untuk dikombinasikan dengan variasi yang berbeda.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

1.) Yoena Febilia P 2.) Rizqi amaliyah 3.) Anindya sekar p Kami bertiga sudah mendiskusikan tentang bahan bahan yang akan kami buat, beserta mencari bahan bahan yang sekiranya akan kami gunakan

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Pihak yang akan kami ajak kerja sama adalah teman sekelas kami, dimana mereka bisa membantu kami untuk mempromosikan kepada yang lain.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Diantara team yang lain team saya yang mambuat es krim yogurt buah. Uniknya biasanya es krim dicampur dengan coklat, brownies atau yang lain. Untuk team kami, es krim yang kami buat dicampur dengan aneka buah. Buahnya juga bisa ditambah sesuai selera, dengan perpaduan rasa manis dan masam.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Harapannya supaya remaja bisa lebih mencintai buah, meskipun bukan hanya lewat es krim nereka bisa mengombinasikan makan buah dengan apapun. Jadi harapannya dengan produk kamu bisa mengubah pola pikir remaja untuk mencintai buah dengan variasi yang berbeda, dan produk ini bisa berlanjut dan bisa didistribusikan ke kalangan masyarakat hingga mempunyai toko sendiri nantinya dengan produk yang beragam.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Rencana kami ke depan adalah: -menyusun jadwal untuk membuat -memasarkan dengan cara postingan instagram -dijual pada saat car free day karena banyak orang yang datang -penyamaan jadwal -mempromosikan kepada teman temab sekelas -membuat tabel angket (untuk pemberian nilai terhadap produk yang kami buat)

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Mengelola Tim
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)
  • Dari sekolah kami

Complete this evaluation to see the results from the rest of the community

The community is currently evaluating this idea.

5 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments