Healsy (Healthy is Easy) Digital

Healsy (Healthy is Easy) merupakan sebuah gerakan yang mengajak remaja untuk menjaga pola makan sehat melalui sosial media /digital.

Photo of Icha Bandioko
3 1

Written by

Healsy (Healthy is Easy) merupakan sebuah gerakan yang mengajak remaja untuk menjaga pola makan sehat melalui sosial media /digital. Tujuan utama kami adalah mengubah mindset remaja yang mengira bahwa makanan sehat yang tidak enak dan mahal. Kami menggunakan akun instagram @healsy.healthy (saat ini sudah mencapai 27 followers) sebagai media penyebaran kepada para remaja agar dapat menjangkau lebih banyak remaja. Selain fakta, challenge dan rekomendasi juga kami buat sekaligus kembangkan di akun tersebut. Kami harap, para remaja dapat mengubah pola makannya menjadi lebih sehat melalui akun instagram yang kami buat ini. 

Tanggal Lahir

8272007

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Santa Maria Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Pertumbuhan (ide telah teruji dan sedang berkembang)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

112019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Instagram : @ichabandioko @stefany.liera @healsy.healthy

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Persoalan yang ingin kami selesaikan, yaitu : - Pola pikir remaja mengenai makanan sehat yang kurang enak karena selama ini, kami mengamati banyak remaja yang tidak memakan makanan sehat dan jajan sembarangan tanpa melihat atau memikirkan kandungan gizi di dalam makanan tersebut.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saat kami pergi ke depan sekolah untuk jajan batagor, kami lihat minyak yang digunakan menggoreng itu minyak yang dipakai berulang kali. Yang kedua, saat pergi ke mall, kami melihat minyak yang digunakan untuk menggoreng chick-chick itu juga minyak yang dipakai berulang kali dan hasilnya berminyak. Sehingga kejadian itu membuat kami ingin mengubah mindset remaja melalui ide ini, sehingga mereka bisa bijak dalam memilih makanan.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Ide kami untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah, Healsy (Healthy is Easy) yaitu sebuah gerakan yang mengajak remaja untuk menjaga pola hidup sehat melalui challenge dan fakta di sosmed/digital. Langkah - langkah yang kami lakukan untuk mewujudkannya yaitu dengan membuat akun Instagram makanan sehat, yang berisi tentang: a. penjelasan gizi - gizi snack yang ada di mall dan pinggir jalan dan rekomendasi akan hal tersebut b. resep snack sehat ( salah satunya, NUTRIOUS PIZZA BREAD) c . poster digital yang menarik d. fakta - fakta tentang makanan sehat e. challenge makan sehat selama 1 minggu agar remaja terbiasa dengan pola makan sehat f. Mengadakan lomba seperti lomba literasi Mengapa di sosmed? Di era digital ini para generasi muda sering berkomunikasi lewat sosmed salah satunya instagram, oleh karena itu kami ingin mengajak para remaja untuk menjaga pola hidup sehat lewat sosmed sehingga dapat menjangkau para remaja.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Apabila ada remaja yang menjalankan ide kami, kami akan senang karena ide kami berhasil dan bisa membuat remaja tersebut lebih sehat

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Sejauh ini, instagram kami telah memiliki 27 followers. Harapan kami, dari instagram tersebut remaja bukan hanya melihat atau menyukai (like) post kami, namun benar-benar menerapkan pola makan sehat yang telah kami sampaikan melalui instagram.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Stefany Liera Kusuma dan Verena Tirza Bandioko (Icha) , peran: - Kami berdua sama-sama menjalankan ide kami. Saat itu kami berdua saling bekerjasama membuat resep pizza. Fany lebih banyak membuat post yang berisi fakta lalu mempost dengan caption seadanya. Sedangkan Icha lebih banyak mengedit caption(editor yang fokus pada hasil akhir) dan sistem akun sosmed kami.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami berencana ingin mengajak komunitas Dulink dalam sekolah) serta Klub Literasi Anak(luar sekolah). Caranya yaitu, kami mengajak anak-anak komunitas Dulink yang mau ikut serta dalam gerakan ini. Lalu kami juga ingin mengadakan lomba menulis cerpen dengan tema pola makan sehat(Klub Literasi Anak).

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Keunikan kami yaitu, kami cenderung mau mengubah pola pikir mereka. Karena jika pola pikir seseorang tentang makanan sehat sudah positif, maka mereka akan terbiasa mengkonsumsi makanan sehat. Yang kedua, teman-teman lain yang mau ikut serta juga bisa bergabung dalam pengusahaan membuat generasi muda menjadi lebih sehat. Mengapa target kami generasi muda? Karena nantinya, merekalah yang akan memimpin negara ini. Sehingga mereka juga harus terbiasa sejak kecil hidup dengan sehat.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Cara kami mengembangkan usaha kami agar ide kami terus berlanjut yaitu dengan membentuk tim sehingga ide ini terus berjalan dan hasilnya bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, kami membutuhkan koneksi dan tambahan anggota tim/resource, di antaranya kami membutuhkan orang-orang yang : - pandai teknologi - tahu banyak tentang gizi - kreatif dan pintar memasak Kami juga berharap anggota kami tekun bekerja dan mengutamakan kepentingan bersama. Yang kedua, kami butuh koneksi, sehingga lebih banyak orang yang menerima manfaat.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Bila proyek kami sudah berhasil di lingkungan sekolah, kami akan mencoba mengembangkan proyek ini pada masyarakat khususnya para remaja (generasi muda)

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

Evaluation results

1 evaluation so far

1. Idea

very innovative - 100%

average - 0%

not feasible - 0%

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

View all comments