Golden food

Golden Food adalah gerakan mengajak remaja makan sehat melalui peningkatan kepedulian melalui informasi di media sosial.

Photo of Chelsea Gautama
4 2

Written by


Tanggal Lahir

260805

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Santa Maria Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Matang (sudah berhasil melewati tahap awal, telah merancang rencana ke depan)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

11019

Situs Web dan/atau Media Sosial

golden_food.id

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Banyak remaja yang tidak peduli dengan makanan sehat dan kita ingin menyadarkan mereka dengan cara yang menyenangkan dan tidak memaksa karena banyak gerakan yang ingin menyadarkan kepedulian remaja tentang makanan sehat tapi masih dalam bentuk paksaan. Dampaknya hal itu tidak akan berubah menjadi suatu kebiasaan. Yang pada akhirnya apabila remaja tersebut terbebas dari aturan maka tidak dilakukan lagi, dengan kata lain tidak berdampak panjang. Sedangakan kalau kita menumbuhkan sikap kepedulian remaja terhadap makanan sehat maka remaja dapat membuat hal itu menjadi habit atau kebiasaan yang akan memiliki dampak jangka panjang. Selain kepedulian remaja terhadap makanan sehat sangat penting karena itu berdampak 5 samapai 10 tahun kemudian.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena di pelajaran sekolah sudah diajarkan tentang makanan sehat dan kandungannya. Tapi selama ini teman-teman masih jajan sembarangan diluar sekolah. Dan tidak hanya itu di sekolah sudah ada gerakan makan makanan sehat setiap hari jumat. Tapi itu tidak seperti mengajak tapi memaksa remaja, sehingga hal itu tidak malah menyadarkan tapi malah membebani. Kesan dari teman temanku mereka tidak dapat mengerti pentingnya makan makanan sehat buktinya mereka masih menyisihkan sayur Dan buah yang mereka makan saat itu.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Mengadakan Gerakan Golden Food dengan step 1 membagikan resep-resep sehat melalui media sosial, kemudian akan dilanjutkan dengan step 2 membuat video untuk mengajak para remaja untuk membuat kreasi makanan sehat. Tidak hanya berhenti disitu tapi dilanjutkan dengan step 3 challenge 24 hours makan makanan sehat. Setelah banyak orang yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan resep makanan sehat. Dan orang yang akan kami ajak adalah follower dari akun golden_food.Id

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Setelah mengikuti gerakan Golden Food orang yang awalnya tidak peduli mulai terbiasa untuk mengonsumsi makanan sehat

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dari teman-teman saya (khususnya follower instagram) mereka lebih tahu tentang makanan sehat dan varian resepnya. Sehingga mereka tidak hanya sadar tapi juga peduli tentang makanan sehat.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Aku dan Aurel sering bertukar argumen satu sama lain. Kami akan berdiskusi setiap pulang sekolah untuk membahasa apa yang dapat kita tambahkan untuk program ini. Kemudian ada Aurel.A dan Gubi yang membantu dalam pembuatan video dan perlengkapan. Ditambah dengan Elsha yang membantu mempromosikan akun instagram kami

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Pihak yang kami libatkan adalah yang pertama para remaja kenapa karena target gerakan ini yang utama adalah remaja, kemudian kami juga melibatkan orang tua dimana orang tua akan mendukung hal ini.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Bisa kita lihat biasanya suatu gerakan mengajak remaja peduli makanan sehat adalah dengan mengajak makan makanan sehat seperti gerakan "isi piringku", memberikan pengertian apa itu makanan sehat, apa dampaknya, dll. Tapi menurut kami itu saja tidak cukup maka kami membuat gerakan golden food dimana kami akan mengajak para remaja tidak hanya makan sehat dan mengerti hal berkaitan dengan makanan sehat tapi kami juga mengajak para remaja dapat berkreasi dengan makanan sehat. Kemudian untuk lebih meningkatkan antusias remaja kami mengajak mereka untuk melakukan tantangan 24jam makan makanan sehat.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Agar ide ink akan terus berlanjut kami akan mengajak sekolah-sekolah lain. Kemudian juga akan mengajak teman teman pain agar ide ini tidak hanya berkembang tapi juga berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

yaitu dengan membuat video untuk mengajak remaja membuat varian resep serta membuat challenge 24 hours makan makanan sehat . Untuk meningkatkan kepedulian remaja tentanf makanan sehat .

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Pengukuran Dampak
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

Evaluation results

0 evaluations so far

4 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments