CHERY (Change Dietary)

Gerakan perubahan pola makan remaja yang berfokus pada pembatasan konsumsi gula

Photo of Halimatul Afifah
3 1

Written by

Tanggal Lahir

20101999

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

122019

Situs Web dan/atau Media Sosial

IG : @changedietary

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Persoalan yang ingin kami selesaikan adalah banyaknya masyarakat yang menderita diabetes.Estimasi jumlah penderita diabetes di sepuluh besar negara dengan penderita diabetes terbanyak tahun 2000 dan 2030 Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebanyak 8,4 juta penduduk setelah India, China dan Amerika Serikat. Menurut Riskesdas 2018 jumlah kasus diabetes mengalami peningkatan dalam 5 tahun terakhir. Berdasarkan kategori usia penderita diabetes terbesar berada pada rentang usia 55-64 dan 65-74 tahun namun saat ini penyakit diabetes tidak memandang umur. Penyakit diabetes dikarenakan oleh 2 faktor yaitu faktor keturunan dan gaya hidup atau pola makan. Gaya hidup atau pola makan yang salah ini lah yang menjadi masalah utama pada remaja.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Permasalahan ini sangat mengganggu kami karena orang tua kami (Ayah Halim dan Ibu Ami) menderita penyakit diabetes. Ibu ami bahkan harus rutin suntik insulin agar gula di dalam tubuh dapat diserap oleh sel dan di pecah menjadi energi. Melihat orang tua kami menderita diabetes, kami tergerak untuk membuat sebuah gerakan guna merubah pola makan yang berfokus pada konsumsi gula. Mengingat bahwa salah satu faktor penyebab penyakit ini yaitu faktor genetik dapat di cegah dengan pola makan sehat. Kami berharap masyarakat terutama remaja sadar dengan penyakit diabetes yang tiap tahunnya meningkat. Kami percaya bahwa remaja merupakan masa depan bangsa dimana pada tangan mereka terdapat harapan pembangunan negara menuju negara maju dan sejahtera.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Untuk mengatasi banyaknya penderita diabetes, kami memiliki ide untuk membuat sebuah gerakan yang bernama CHERY "Change Dietary". Hal ini karena penyakit diabetes dapat dicegah dengan cara merubah pola makan. Dari ide ini kami melakukan gerakan untuk merubah pola makan remaja yang berfokus pada pembatasan konsumsi gula. Awalnya, kami akan melakukan pembuatan tim yang memiliki kepedulian yang sama, kami akan membuat materi emo-demo tentang CHERY. Selanjutnya, kami akan melakukan emo demo di wilayah kampus dan sekolah/ kampus lainnya. Dalam emo demo ini kami akan membagikan wadah penggunaan gula dalam sehari serta pengecekan gula darah. Keberlanjutan dari ide ini kami akan memantau kadar gula darah dengan pengecekan ulang gula darah tiap 3 bulan sekali lalu mendatanya. Tak hanya itu, kami juga akan melakukan edukasi di sosial media untuk menjangkau remaja di wilayah lain.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Jika seseorang atau sekelompok menerapkan ide kami, kami berharap hal tersebut akan berdampak baik untuk diri mereka sendiri dan dapat mencegah penyakit diabetes

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Sejak mentoring kedua, kami sudah berkonsultasi dengan Dosen untuk merealisasikan ide kami di wilayah kampus. Kami sangat berharap kedepannya ide kami akan berdampak pada pola makan remaja terutama pada pembatasan konsumsi gula sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit diabetes.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Tim kami terdiri dari : 1. Halimatul Afifah sebagai Ketua 2. Fahmi Okta Umi Safila sebagai Wakil Cara kami bekerjasama adalah dengan berdiskusi bersama, kemudian membagi tugas.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami berencana akan melibatkan Dosen sebagai pendamping dan mahasiswa sebagai sasaran di universitas kami. Caranya adalah dengan melakukan emo demo.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Ide kami unik karena gerakan ini lebih berfokus pembatasan konsumsi gula untuk mengatasi masalah diabetes dan dilakukan dengan salah satu program kami melalui emo demo yaitu edukasi interaktif menggunakan permainan yang menggugah emosi. selain itu gerakan ini juga memiliki program pengecekan kadar gula darah secara rutin terutama di kalangan remaja yang berpotensi diabetes.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Cara kami memastikan agar ide ini terus berjalan dan berkelanjutan adalah : - Membentuk tim yang memiliki kepedulian yang sama terhadap pola makan remaja - Membuat sosial media. seperti Instagram, twitter dan youtube - Melakukan emo demo di wilayah lain (sekolah atau universitas lain) Sehingga gerakan ini tidak berhenti di wilayah kampus kami saja.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Strategi kami untuk mengembangkan ide kami adalah : - Melakukan emo demo diwilayah kampus - Mengisi dan mempromosikan sosial yang ada - Membagikan wadah tempat gula untuk konsumsi per hari

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Keuangan
  • Desain Visual

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)
  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta

Evaluation results

0 evaluations so far

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

View all comments