#ngeMinyakIkan yuk

Program konsumsi minyak ikan rutin untuk anak berusia 5-12 tahun di wilayah pinggiran Kabupaten Jember.

Photo of life of nanin
4 1

Written by

Program pembagian dan konsumsi minyak ikan rutin di maksudkan untuk memenuhi kebutuhan omega 3 pada anak usia 5-12 tahun. Pemberian minyak ikan dijalankan seminggu sekali dengan melibatkan Forum Anak baik Forum Anak Jember atau Forum Anak Kecamatan sebagai pelaksana. Sasaran program adalah sekolah yang siswanya berasal dari keluarga ekonomi lemah di empat titik wilayah pinggiran Kabupaten Jember. 

Tanggal Lahir

15082002

Lokasi

Empat wilayah pinggiran Kabupaten Jember ( Semboro, Kalisat, Balung, Arjasa )

Nama Sekolah/Komunitas

SMA NEGERI 2 TANGGUL (FORUM ANAK JEMBER)

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

12020

Situs Web dan/atau Media Sosial

ig: yuwananindya WA: 082337202088 email : yuwanand08@gmail.com

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Kurang terpenuhinya kebutuhan minyak ikan untuk anak usia 5-12 tahun di wilayah pinggiran Kabupaten Jember. Menurut saya penyebab utama masalah ini adalah rendahnya tingkat ekonomi masyarakat di wilayah pinggiran Kabupaten Jember sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi omega 3 anggota keluarganya. Berdasarkan survei yang telah saya lakukan di Kecamatan Semboro, ditemukan hanya 15% anak yang dapat mengonsumsi ikan laut segar secara rutin dalam seminggu.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya peduli tentang masalah ini karena ketika saya masih duduk di bangku taman kanak-kanak saya rutin mendapatkan minyak ikan dari sekolah dan posyandu ketika imunisasi. Namun, program sejenis ini sudah tidak ada lagi di Kabupaten Jember. Mengingat intensitas konsumsi anak terhadap ikan rendah, maka tanpa program pemberian minyak ikan dapat dikatan anak-anak kekurangan omega 3. Melalui ide saya, saya ingin anak-anak dapat terpenuhi kebutuhan omega 3 nya sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan otak anak berlangsung dengan baik. Tentu saja hal ini mempengaruhi kemampuan belajar dan berpikir pada anak.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Solusi saya dalam memenuhi kebutuhan omega 3 anak di Kabupaten Jember adalah dengan program #ngeMinyakIkan yuk yaitu progam pembagian dan konsumsi minyak ikan secara rutin seminggu sekali pada anak-anak lewat sekolah. Untuk distribusi minyak ikan, saya bekerja sama dengan Forum Anak Jember dan Forum Anak Kecamatan. Untuk pendanaan program, saya sudah mengajukan ide saya ke Dinas P3AKB Kabupaten Jember dan sudah disetujui sebagai program kerja Forum Anak Jember tahun 2020. Sebagai permulaan program akan berjalan di satu sekolah di tiap kecamatan yg terpilih. Untuk menentukan sekolah sasaran, saya dibantu oleh Forum Anak Kecamatan tersebut untuk survei dan mengambil data status gizi anak di sekolah tersebut. Mekanisme pelaksanaanya yaitu: 1. Memasok kebutuhan minyak ikan di kecamatan tersebut untuk jangka waktu 1 bulan oleh Dinas P3AKB melalui Forum Anak Jember. 2. Untuk distribusi secara langsung ke sekolah sasaran akan dijalankan oleh Forum Anak Kecamatan satu minggu sekali. Selain bertugas pemberian minyak ikan, Forum Anak Kecamatan juga bertugas memantau perkembangan gizi anak di sekolah tersebut.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Apabila ide saya berjalan, anak-anak di wilayah pinggiran Kabupaten Jember akan mendaptkan kecukupan gizi Omega 3 yang tentunya dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak mereka dalam membantu proses belajar atau berpikir mereka.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Ide saya masih dalam tahap perencanaan ide. Apabila ide saya terlaksana, tentunya hal ini dapat berdampak baik terhadap pemenuhan dan pemerataan kecukupan gizi anak terutama omega 3 yang kita ketahui memiliki manfaat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Sehingga anak-anak di wilayah pinggiran Kabupaten Jember mendapatkan kecukupan gizi omega 3 yang membantu pertumbuhan dan perkembangan otak dalam proses belajar dan berpikir mereka.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Disini tim saya adalah 2 teman saya, tugas teman saya yang pertama (fifin) adalah membantu saya dalam mencari berbagai referensi dalam pencarian data melalui survei. Teman saya yang kedua (Arda) membantu saya dalam menyiapkan berbagai keperluan yang disiapkan dalam proyek ini seperti, mencari dan menentukan sumber daya manusia yang terlibat, inovasi ide, dan melakukan design thinking.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Pihak yang saya libatkan adalah Forum Anak Jember, Forum Anak Kecamatan, dan Dinas P3AKB Kabupaten Jember. Berhubung saya adalah anggota Forum Anak Jember, melibatkan mereka dalam ide saya dapat saya lakukan dengan cukup mudah yaitu dengan melibatkan ide saya sebagai Program Kerja Tahunan Forum Anak Jember.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Keunikan dari ide saya adalah 'keberlanjutan'nya dimana ide saya dapat berkelanjutan dan menjadi percontohan untuk daerah lain karena kemudahan dalam pelaksanaannya dan ringan dalam pembiayaannya apabila benar-benar melibatkan pemerintah dalam pelaksanaannya. Strategi yang saya gunakan dalam penjalanannya yaitu dengan terus mencari data terkait sasaran dan memantau perkembangan dampak yg terjadi dalam pelaksanaan ide #ngeMinyakIkan yuk.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Yaitu dengan terus meningkatkan relasi dan kolaborasi dengan Forum Anak Kecamatan guna memperlancar proses pendistribusian minyak ikan, dan menjalalin kerjasama yang baik dengan DP3AKB guna memperlancar pendanaannya. Sumber daya yang saya butuhkan adalah sumber daya manusia diantaranya adalah Forum Anak Jember, Forum Anak Kecamatan, dan Dinas P3AKB.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Ide akan dilaksanakan di empat titik wilayah pinggiran Kabupaten Jember dan menjadikan program ini masuk dalam program kerja tahunan Forum Anak Jember. Ide ini diharapkan dapat berjalan mulai bulan Januari 2020 dan diharapkan lokasi dan sasaran akan berkembang lebih banyak lagi.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Pengukuran Dampak
  • Keuangan

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Situs web Saya Pemberani
  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

Evaluation results

0 evaluations so far

4 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments