SELF "Stay Healthy,Eat Local Food"

SELF merupakan komunitas untuk memperbaiki pola makan remaja yang terpengaruh tren melalui sosialisasi dan pengenalan berbagai produk lokal

Photo of Michelle
4 0

Written by

SELF adalah komunitas yang dibentuk untuk memperbaiki pola makan remaja yang tidak sehat akibat pengaruh tren yang saat ini terjadi, yaitu melalui sosialisasi mengenai pola makan sehat dan mengenalkan berbagai bahan pangan lokal yang sebenarnya menjadi sumber nutrisi baik bagi remaja. Tidak hanya itu, kita juga mengenalkan produk minuman bertopping yang kami modifikasi dengan menggunakan bahan dasar biji-bijian local sebagai salah satu alternative minuman sehat berbahan baku lokal. Sehingga minuman ini tidak hanya mengikuti tren yang sedang digemari remaja namun tetap menyehatkan.Sehingga diharapkan remaja tergerak untuk mengubah pola makannya dan terinspirasi untuk membuat produk alternatif makanan berbahan baku local lainnya yang menyehatkan.

Tanggal Lahir

5072004

Lokasi

Kota Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

St.Louis 1 Surabaya dan SMP Santa Maria Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

122019

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Permasalahan yang ingin saya selesaikan adalah masalah pola makan remaja yang tidak sehat yang diakibatkan kebiasaan remaja yang saat ini cenderung suka asal mengikuti tren. Sehingga remaja pun tidak mengerti apa yang mereka konsumsi hingga akhirnya memunculkan penyakit seperti obesitas dan diabetes. Seperti contohnya saja minuman bertopping yang saat ini sedang digemari remaja hingga beberapa dari mereka mengonsumsinya hampir setiap hari. Hal seperti inilah yang memperlihatkan sangat minimnya pengetahuan remaja akan pola makan,Karena tren tersebut juga, remaja cenderung mengenal produk yang berasal dari luar sehingga kesadaran remaja akan produk lokal yang sebenarnya menjadi sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan mereka jarang diketahui.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Inisiatif saya muncul karena pengalaman pribadi saya dahulu pernah mengalami obesitas akibat pola makan saya yang tidak sehat. Dahulu saya tidak mengerti apa itu pola makan sehat apalagi mengerti kandungan nutrisi yang baik dari sebuah minuman ataupun makanan. Selain itu beberapa teman disekitar saya mengalami hal yang serupa, mereka juga mengalami obesitas karena ketidaktahuan akan pola makan yang baik. Maka dari itu saya ingin memulai gerakan ini agar tidak ada lagi remaja mengalami hal yang sama hanya karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki sehingga membuat mereka suka asal mengikuti tren. Apalagi penyakit seperti diabetes dan obesitas sudah semakin banyak dialami oleh remaja.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Ide kami untuk mengatasi masalah tersebut dengan membentuk komunitas 'SELF' yang kami bentuk untuk menyebarluaskan ide kami ini.Langkah yang kami lakukan dengan cara : 1. Sosialisasi pada remaja dengan metode tutor sebaya (seperti kelompok belajar kecil dengan 1 orang menjadi mentor) untuk mengenalkan tentang pola makan sehat 2. Menggunakan media sosial untuk menjalankan kampanye dengan membuat hashtag (#SELFisourlifestyle) agar para remaja dapat sharing tentang perubahan apa yang telah mereka lakukan lewat media sosial 3. Membuat komunitas bernama "SELF" (Stay Healthy,Eat Local Food) untuk semakin menyebarluaskan dan memastikan agar gerakan ini terus berjalan dengan cara setiap 1 orang yang sudah ikut dalam gerakan ini nantinya harus mengajak 5 orang temannya untuk dikenalkan tentang gerakan ini pula 4. Sebagai pendukung dengan adanya produk yang terinspirasi dari minuman bertopping yang sedang viral dengan bahan dasar biji-bijian lokal sehingga diharapkan dapat menarik para remaja untuk mengubah pola makan mereka dan mengenal kembali beberapa kekayaan alam Indonesia yang memiliki kandungan nutrisi yang baik

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Jika ide ini berjalan kami harap dapat membuat perubahan pada pandangan remaja akan keinginan mereka untuk mulai menjalani pola makan yang lebih sehat dalam arti mereka memiliki keinginan untuk mengonsumsi makan yang mengandung nutrisi yang baik sebagai usaha agar terhindar dari berbagai penyakit. Lalu minimnya pengetahuan remaja akan kakayaan alam Indonesia karena arus globalisasi yang saat ini sedang terjadi sehingga membuat remaja cenderung lebih mengenal berbagai produk luar yang secara tidak disadari ternyata cenderung kurang baik bagi kesehatan remaja

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Sejauh ini dampak yang terjadi karena ide kami ini adalah keluarga kami sendiri karena mereka mulai menjalani pola makan sehat dengan lebih menggunakan berbagai bahan lokal. Kami berharap kedepan jika ide ini terwujud remaja dapat memilih 'jajanan' mereka dengan lebih bijak dengan tujuan untuk menjaga kesehatan mereka dan itu dikarenakan munculnya kesadaran mereka setelah mengenal dan bergabung dengan komunitas kami ini. Kami juga berharap dengan produk minuman yang kami buat sebagai pendukung gerakan ini dapat menginspirasi remaja untuk membuat produk berbahan dasar lokal lainnya, sehingga ketersediaan makanan berbahan dasar lokal yang sehat semakin banyak, mudah, dan terjangkau untuk didapatkan. Sehingga secara tidak langsung konsumsi remaja menjadi lebih menyehatkan dan remaja pun mengenal berbagai bahan dasar lokal yang sebenarnya baik untuk kesehatan mereka.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Untuk kerjasama dalam tim, saya bekerjasama dengan adik saya sehingga secara tidak langsung kami dapat mengawali gerakan dari lingkungan terdekat kita yaitu keluarga. Selanjutnya karena adik saya berada di jenjang SMP dan saya berada di jenjang SMA sehingga saya pun dapat membagi peran untuk menyebarluaskan gerakan ini tidak hanya di satu lingkungan saja tetapi dapat tersebar luas juga di dua lingkungan yaitu di SMP dan SMA. Lalu kami masing-masing terlibat dalam organisasi yang dapat kami ajak untuk bekerjasama dalam menyebarluaskan gerakan kami ini.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami berencana akan melibatkan peran sekolah dalam menjalankan gerakan ini agar dapat dikenal oleh para remaja sebagai target utama dimana permasalahan ini terjadi. Untuk ke depannya kami juga ingin bekerjasama dengan beberapa organisasi lainnya sehingga gerakan ini dapat semakin banyak dikenal oleh remaja.Kami juga berencana nantinya untuk bisa bekerjasama dengan pedagang kantin di sekolah sehingga diharapkan lingkungan sekolah dapat menyediakan produk minuman yang sehat yang dapat dikonsumsi oleh para siswa

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Ide kami unik karena tidak hanya mengenalkan gerakan tetapi juga ada produk yang dapat membantu menyelesaikan sebagian masalah kesehatan yang dapat menggantikan produk yang sedang tren, yang sebelumnya cenderung tidak sehat menjadi lebih sehat dengan berbagai kandungan nutrisi yang lebih baik. Lalu tidak hanya menyehatkan, namun juga dapat mengedukasi remaja akan adanya berbagai produk lokal sebagai kekayaan alam Indonesia yang ternyata dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi remaja. Karena saat ini kekayaan alam Indonesia cenderung tidak dikenal oleh remaja.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Agar ide ini terus keberlanjutan maka kami membuat tim dalam bentuk komunitas yang bernama "SELF" yang dapat memastikan agar gerakan kami ini terus berjalan dengan terus mengajak para remaja untuk bergabung dan juga mengajak remaja lainnya untuk ikut bergabung dan memahami gerakan ini. Yang kami butuhkan pastinya hubungan kami dengan berbagai komunitas ataupun organisasi yang mengumpulkan para remaja yang memiliki peran dalam lingkungan mereka sehingga gerakan kami dapat semakin menarik banyak remaja lainnya

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Untuk beberapa pekan ke depan kami berencana untuk mulai membuat komunitas yang dimulai dengan mengajak 5 orang teman kita untuk dikenalkan oleh gerakan ini lalu setelah mereka menjadi tim dalam komunitas, selanjutnya tugas mereka masing-masing untuk mencari 5 orang temannya yang akan dikenalkan juga pada gerakan ini. Yang menjadi target kami adalah teman-teman kami di SMP maupun di SMA karena kami ingin memulai gerakan ini dapat berjalan mulai dari te,man dekat kami terlebih dahulu. Lalu program kami dalam media sosial juga akan kami jalankan dengan mulai menyebarkan hashtag yang disertai foto berupa perubahan yang kita telah lakukan dalam langkah mencapai pola hidup lebih sehat yang akan di upload setiap minggunya.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta

Evaluation results

0 evaluations so far

Attachments (1)

4 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments