GERAMITIKUMANIS (Gerakan minum air putih kurangi minuman manis)

Gerakan untuk mengurangi konsumsi minuman manis yang trend dikalangan remaja

Photo of marendra fajar
3 1

Written by

Tanggal Lahir

11032004

Lokasi

Jember

Nama Sekolah/Komunitas

Smk dr.Soebandi jember

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

18122019

Situs Web dan/atau Media Sosial

@marendrafh (IG)

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Mengurangi konsumsi minuman manis dikalangan remaja dan sampah plastik dari kemasan tersebut

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

karena saya melihat banyak teman saya yang suka mengonsumsi minuman manis seperti (tuk² tea,rindu,chellotea,mister petani,dll) dengan pemanis buatan yang berbahaya jika dikonsumsi terus menerus setiap haris dibanding minum air putih sehimgga mereka tidak sadar bahwa minuman manis dapat menyebabkan (radang,diabetes,obesitas) dan juga mengurangi kefokusan saat belajar ,tidak hanya itu dngn mengonsumsi minuman kemasan trsbt dapat berkonstribusi bertambahnya volume sampah dilingkungan

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

-solusi awal yang kami tawarkan adalah menyediakan galon per kelas di smk dr.Soebandi .selain itu kamu juga mensosialisasikan bagaimana dampak buruknya sering mengonsumsi minuman manis kepada siswa siswi smk dr Soebandi. -mengajak untk mengonsumsi /minum ait putih dan makan buah segar (bukan jus,karena jus juga ada tambahan gula&buah segar bernutrisi lebih banyak.bukankah tuhan yang maha esa telah menganugerahi kita gigi sehat? Maka mulai skrng lakukan kan : gigit,kunyah,telan!,jangan di jus! -dengan pola konsumsi demikianlah diharapakan: 1.potensi diabetes dan obesitas remaja menurun 2.remaja lebih sehat karena konsumsi air putih yang cukup 3.sampah sampah plastik dari minuman /makanan terkurangi sebagai residu/sisa.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Ketika ide saya digunakan oleh seseorang ,maka konsumsi air putih meningkat sedangkan konsumsi minuman manis menurun dan volume sampah nya plastik menurun. Dan semakin banyak para remaja yang ikut tagar #geramitikumanis karena selain menggunakan ide mereka juga mensosialisasikan gerakan ini sehingga banyak remaja yang sadar akan kebutuhan nutrisinya dan sadar kebersihan lingkungannya!

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Sudah pernah dilakukan di satu kelas

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

marendra fajar & dewi Rosiana Peran rendra: mencari bahan sosialisasi Peran dewi: mengkoordinasikan kpda pihak sekolah dan siswa /teman²

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Ada, 1.kpd pihak skolah 2.kepada anggota osis 3.kepaslda siswa siswi smk dr soebandi

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

1.mengajak mensyukuri nikmat yang tuhan berikan 2.air putih mudah didapat 3.buah segar lebih bernutrisi 4.tuhan menganugerahi kita gigi untuk memproses makanan kita maka lakukanlah! GIGIT,KUNYAH TELAN!

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

melakukan progam GERAMITIKUMANIS melalui tagar #geramitikumanis #komunitas geramitikumanis

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

mensosialisasikan ke skolah sekolah yang lain.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Strategi & Perencanaan Projek

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Situs web Saya Pemberani
  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

Evaluation results

0 evaluations so far

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments