Sayur kelor super heroku!

Membuat sebuah komunitas yang memanfaatkan kearifan pangan lokal yg ada di kota saya untuk mengurangi penderita stunting

Photo of Andi Aisyah Magfirah
3 1

Written by

Tanggal Lahir

24012004

Lokasi

Indonesia, Sulawesi Selatan, Kabupaten Bulukumba

Nama Sekolah/Komunitas

UPT SMA NEGERI 1 BULUKUMBA

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Situs Web dan/atau Media Sosial

Ig @andiicha.aa

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu daerah yg kaya akan kearifan lokalnya, terkhusus pada kearifan pangan lokal seperti sayur kelor. Akan tetapi disamping banyakya kearifan pangan lokal ternyata kabupaten bulukumba juga banyak anak² yg menderita stunting. Menurut Data yang kami ambil dari Dinas Kesehatan kabupaten Bulukumba sendiri, jumlah anak yang terkena stunting ada 779 Anak. Inilah yang menjadi motivasi bagi saya tersendiri mengapa saya ingin mengangkat persoalan ini. Sehingga saya berinisiatif menciptakan sebuah ide yg saya beri judul "Sayur Kelor Super Heroku". Dengan memanfaatkan sayur kelor ini diharapkan jumlah anak yang menderita stunting di Kabupaten Bulukumba ini dapat berkurang.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Pada waktu lalu saya berbelanja di sebuab supermarket dekat rumah saya. Sewaktu selesai berbelanja saya dikagetkan dengan seorang anak yang berumur 11 tahun dengan badan yang sangat kerdil. Ketika itu ia meminta uang kepada saya. Sayapun bertanya "sekolah dimana?" lantas ia menjawab "Di SLB" saya terkagetkan dengan sebuah jawaban itu ternyata SLB itu adalah sekolah luar biasa yg didalamnya adalah anak² yang beda dari anak lainnya. Saya berbincang kurang lebih 15 menit. Ia menceritakan ingin menjadi polisi tetapi harapannya pupus setelah mendapat kabar bahwa ia adalah salah satu anak yg merasa dirinya terkena stunting. Setelah itu saya merasa ingin membantu dia dan menjadi agen perubahan di daerah saya. Membantu mengurangi stunting.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Saya akan membuat sebuah komunitas yang tidak hanya melibatkan anak muda tetapi juga melibatkan para IRT, serta jika diizinkan pemerintah sekalipun untuk membangun sebuah tempat yang dimana kita bisa membagikan makanan gratis untuk para anak anak yang tidak mampu membeli makanan enak. Khususnya anak anak yang sudah menderita stunting. Dengan menerapkan makanan kearifan lokal yang ada di kota saya. Dan salah satu makanannya yaitu daun kelor yang dimana ini merupakan kearifan pangan lokal yang ada di kota saya yg bisa mencegah terjadinya stunting. Dan ini sangat berkhasiat sekali. Selain itu tidak hanya membagikan makanan lalu pulang tetapi juga di dalam tempat tersebut ingin membuat sebuah perkumpul bagi anak putus sekolah akibat penyakit tersebut agar selalu mau berusaha untuk menggapai cita cita mereka. Selain itu saya juga akan berkolaborasi dengan restaurant/ Rumah makan untuk memberikan makanan gratis untuk para Rakyat yang kurang mampu. Karna kebanyakan yg terkena stunting adalah anak yang kurang mampu. Dengan upaya ini dapat menanggulangi permasalahan stunting sebab orang tua yang kurang mampu tidak bisa memberikan makanan bergizi untuk anaknya.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Pertama saya akan mengumpulkan anak² yg ingin bergabung dalam projek saya. Setelah itu saya akan memberikan sebuah stiker yang nantinya bisa di tukar dengan sebuah makanan gratis. Tentunya saya akan bekerja sama dengan para IRT, Rumah Makan dan teman teman saya. Untuk menjadi sebuah makanan saya berinisiatif melakukan kegiatan bareng dengan cara memasak sama sama makanan bergizi dengan menu utamanya tetap daun kelor agar anak² tersebut tetap memiliki aktivitas. Setelah selesai masak bareng kita akan berkumpul disuatu tempat untuk kita makan. Habis itu bisa diadakan games yang berkaitan mengenai edukasi mengenai gizi seimbang. Agar mereka juga mengetahui mana makanan bergizi mana juga yang tidak. Melalui projek ini saya ingin bukan hanya saya yg dapat menjadi agen perubahan masalah ini tapi saya ingin merekalah yg menjadi agen agar sehingga dapat menjadi sosok inspirasi bagi semua org.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dalam hal ini sebelumnya saya telah melakukan penelitian di Kabupaten Bulukumba mengenai masalah stunting ini. Secara kuantitatif sekitar 70% masyarakat sudah tau mengenai apa itu stunting melalui pembagian kuisyoner yg telah saya bagikan dan telah melakukan penjelasan sedikit mengenai apa itu stunting kepada mereka. Sehingga manfaatnya mereka juga akan ikut membantu masalah ini. Sedangkan secara kuakitatif mnggunakan metode berdasarkan hasil pustaka, kemudian dipadukan dengan hasil statistic yg diperoleh dengan menerjemahkan angka angka hasil perhitungan analisis kuantitatif.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Disini saya mempunyai beberapa rekan kerja yaitu Annisa Aulia Kadir selaku bagian yang menghitung apakah jumlah anak anak yg terkena stunting di kita kami semakin meningkat atau tidak. Ia juga bisa sebagai motivator bagi anak anak Ariqah Ramadhani selaku yang membantu saya dalam melaksanakan ide ini Arwin Nurman dan M ikbal yg banyak memberikan masukan mengenai masalah ini

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Sejauh ini saya melibatkan para sahabat sahabat saya yang membantu memberikan semangat kepada anak anak tersebut. Dan saya berpikir ingin juga melibatkan pemerintah dalam ide saya ini.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Projek saya berbeda dari yang lain karna saya tidak hanya membuat sebuah sarana untuk membagikan makanan tetapi membuat semacam tempat berbagi suka duka tentang masalah mereka.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Rencana saya agar projek ini terus berlanjut yaitu tidak berhenti sampai sini dan terus mengembangkan impian saya untuk menyelamatkan mereka. Sumber daya/dukungan yang saya butuhkan yaitu mengajak para penjual masakan jadi atau Rumah makan untuk menyumbangkan sedikit makanan untuk mereka.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Rencananya saya tidak ingin hanya berdasar kepada anak anak kota tetapi juga anak anak desa.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Hubungan Masyarakat
  • Keuangan

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program GAIN lainnya

Evaluation results

0 evaluations so far

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya.

SayaPemberani!

View all comments