Nutrition Ambassador (Duta Gizi Remaja)

Gerakan membentuk Duta Gizi Remaja di setiap sekolah (SMP & SMA) yang bertujuan untuk edukasi dan perbaikan pola makan remaja.

Photo of Rufaida ulya
3 2

Written by

Tanggal Lahir

29081999

Lokasi

Wilayah Kota Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

Universitas Airlangga

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Situs Web dan/atau Media Sosial

IG: @dutagiziremaja.id

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Persoalan yang ingin kami selesaikan adalah masalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran remaja terkait gizi, misalnya mengenai pemenuhan zat gizi baik mikro maupun makro, permasalahan pola makan yang disebabkan distorsi citra tubuh yang sering terjadi pada remaja, serta peningkatan kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Selain itu sebagian besar lingkungan kantin sekolah masih belum mendukung karena terdapat makanan yang kurang sehat, termasuk makanan yang tinggi gula, lemak ( gorengan ), pengawet dan makanan instan yang lainnya.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

saat saya (Rufaida) SMA, saya sering mendengar teman-teman mengeluh tentang berat badan karena terlalu gemuk. Sehingga, mereka merasa harus mengurangi makan, padahal sebenarnya tubuhnya masih normal dan masih membutuhkan asupan yang cukup. Selain itu, ada teman saya yang memiliki badan gemuk dan malas olahraga, karena dia merasa sulit bergerak dan mudah lelah. Anggapan seperti hal tersebut diperparah dengan pengaruh lingkungan pertemanan yang memiliki pandangan dan kondisi yang sama. Hal tersebut membuat saya berfikir untuk membentuk lingkungan yang sadar gizi di kalangan remaja agar dapat memperbaiki pola hidup yang sehat sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Salah satunya yaitu membuat gerakan Duta Gizi Remaja di masing-masing sekolah.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Ide kami untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membentuk Duta Gizi Remaja di SMP dan SMA untuk memberi edukasi gizi serta perbaikan pola makan remaja di lingkungan sekolah, terutama kantin sekolah agar menyediakan makanan-makanan sehat. Langkah-langkah yang akan kami lakukan yaitu: 1. Mencari kandidat Duta Gizi Remaja dari setiap sekolah (SMP & SMA) yang memiliki kriteria yaitu memiliki kepedulian tentang gizi, menerapkan pola hidup sehat di kehidupan sehari-hari, memiliki wawasan luas mengenai gizi dan kesehatan, serta mempunyai komitmen tinggi dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagi Duta. Selain itu, kami mengutamakan siswa yang mengikuti ekstrakulikuler PMR untuk menjadi Duta Gizi, karena mereka lebih memiliki pemahaman dan pengalaman di bidang kesehatan. 2. Mengadakan sosialisasi kepada seluruh kandidat Duta Gizi Remaja dari setiap sekolah (SMP & SMA) 3. Melakukan pemilihan Duta Gizi Remaja masing-masing sekolah sesuai kriteria yang telah ditetapkan 4. Mengadakan pelatihan kepada Duta Gizi Remaja terpilih berupa pengetahuan gizi yang lebih spesifik dan sesuai dengan masalah gizi di sekolah masing-masing 5. Monitoring dan evaluasi program secara rutin.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Bila seseorang/sekelompok menggunakan ide kami yaitu Duta Gizi Remaja, maka akan terbentuk lingkungan remaja yang peduli dengan gizi dan masalah-masalah remaja di sekolah masing-masing dapat teratasi dari program yang dilaksanakan.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Kami berharap ide ini dapat memberi perbaikan pola makan remaja di lingkungan sekolah, dengan begitu tercipta lingkungan yang sadar akan gizi dan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan warga sekolah, terutama kantin sekolah agar menyediakan makanan-makanan sehat.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Tim yang terlibat dalam ide ini diantaranya: Rufaida sebagai integrator, Alya sebagai pembuat desain visual, Riza sebagai hubungan masyarakat, Nata sebagai pengatur manajemen administrasi, Mei sebagai pengelola finansial. cara kami bekerjasama dalam tim adalah dengan senantiasa menjaga komunikasi, saling membantu, saling mengingatkan tugas masing-masing, sehingga ide ini dapat tercapai.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami berencana akan melibatkan : 1. Siswa-siswi SMP & SMA sebagai Duta Gizi Remaja, 2. Kepala Sekolah dan guru yang mendukung program, 3. Warga sekolah yang mendukung keberhasilan gerakan (misalkan penjual kantin), 4. Dosen yang memberi tambahan wawasan terkait gizi, 5. Dinas Kesehatan yang menaungi jalannya program.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Yang membuat ide kami unik adalah Pembentukan Duta Gizi Remaja dari masing-masing sekolah. Program ini bukanlah sebuah kompetisi melainkan sebuah gerakan membentuk Duta Gizi Remaja pada jenjang sekolah (SMP & SMA). Biasanya yang dibentuk di sekolah adalah dokter kecil yang lebih berfokus pada upaya kuratif di sekolah. Sedangkan, Duta Gizi Remaja dibentuk guna melakukan upaya preventif yang berfokus pada masalah gizi remaja seperti meningkatkan kesadaran untuk memenuhi zat gizi makro-mikro, pola makan sehat, meningkatkan aktivitas fisik dan lain sebagainya.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Cara kami memastikan ide ini berjalan dan berkelanjutan adalah dengan mengontrol dan mengevaluasi program secara rutin. Kemudian dukungan yang kami perlukan adalah semangat yang bisa diperoleh dari teman dan keluarga, dukungan pengetahuan dan pengembangan skill yang diperoleh dari gerakan yang memiliki tema sejenis, dan yang terpenting adalah dukungan dari pihak yang teribat, yakni siswa siswi SMP dan SMA serta warga sekolah.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Strategi agar ide kami berkembang adalah bekerjasama dengan instansi pemerintah, masyarakat sekitar terkhusus pada penyediaan makanan yang sehat, serta ingin menularkan gerakan ini tidak terbatas hanya di Surabaya (lingkungan tinggal kami saat ini) tetapi ke wilayah lain terutama kota-kota besar di Indonesia. Kami juga ingin bekerjasama dengan pihak sekolah, terutama pada anggota ekstrakulikuler PMR.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Desain Visual

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

Evaluation results

0 evaluations so far

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

View all comments