Gerakan Makan Ikan Bersama

Mewajibkan masyarakat untuk makan ikan minimal dua kali dalam seminggu.

Photo of Ais fatia
1 1

Written by

Tanggal Lahir

26012004

Lokasi

Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Masalah masyarakat Indonesia yang kurang suka makan ikan, disebabkan rasa daging lebih enak dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan daripada ikan.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Memutuskan untuk memulai inisiatif ini karena kurangnya masyarakat yang suka makan ikan.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Dengan mewajibkan masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi ikan minimal dua kali seminggu. Disertai dengan pengecekan berkala oleh dinas kesehatan.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Di daerah yang kurang memanfaatkan ikan sebagai sumber pangan. Hal ini dapat mempengaruhi masyarakat dalam segi kesehatan, karena dengan mengonsumsi ikan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu dapat menyehatkan jantung dan meningkatkan kinerja otak.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Yang dilibatkan adalah Masyarakat Indonesia. Peran kita (masyarakat Indonesia) adalah untuk menjadikan "makan ikan" sebagai kebiasaan dan bertanggung jawab dalam menjalankan peran itu.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Membicarakan masalah yang sering terlihat di lingkungan sekitar sekolah yaitu, minimnya tempat makan yang menjual makanan berbahan ikan, minimnya teman yang membawa bekal dengan lauk ikan, dan kurangnya minat siswa untuk makan ikan. Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa kurangnya minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Dukungan dari berbagai pihak untuk membantu merealisasikan ide ini.

1 comment

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!