Lady finger

Membuat okra drink sebagai alternatif minuman sehat yang nikmat

Photo of Citra Fadila
7 2

Written by

Tanggal Lahir

28042002

Lokasi

Sman ambulu Jember

Nama Sekolah/Komunitas

sma negeri ambulu

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

3092019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Fb: citra najwa fadila Telegram: @citrafadila28 Email: citrafadila07@gmail.com

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Mengganti minuman yang mengandung bahan-bahan yang tidak sehat dengan minuman yang terbuat dari okra

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Masyarakat terutama remaja masih banyak yang mengonsumsi minuman cepat saji yang mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet lainnya yang berpotensi merusak kesehatan sehingga kami berinisiatif membuat suatu minuman berbahan okra untuk bisa menggantikan minuman berpengawet, pemanis, pewarna, serta bahan lain yang bersifat toxic

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

1. Membuat okra drink yang sehat dan nikmat 2. Menyebar luaskan produk tersebut 3. Membudidayakan tanaman okra

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Konsumsi minuman tak sehat akan membuat bibit penyakit misalnya kandungan pemanis buatan itu akan mengakibatkan diabetes oleh karena itu kami berinisiatif membuat minuman sehat dan nikmat yang berbahan okra. Okra merupakan salah satu tanaman yang belum banyak diketahui masyarakat luas, padahal kandungan okra begitu bermanfaat hanya saja okra mengandung lendir yang kurang disukai. Sehingga pengolahan yang kreatif menjadi solusi agar okra dapat dimikmati seluruh kalangan. Dari narasumber kami yang telah rutin mengonsumsi okra menyatakan bahwa Konsumsi okra dengan rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih segar, okra juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Untuk itu beliau berpesan agar kami selalu berinovasi agar manfaat tersebut dapat dirasakan orang banyak.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Untuk sekarang kami masih dalam tahap ujicoba. Kami membuat sampel sampel dari produk kami. Ada 6 orang yang telah mencoba produk kami, dari kalangan guru dan teman sekolah. Mereka mengapresiasi produk kami namun belum begitu menyukainya. Untuk itu kami terus berinovasi untuk menyempurnakan produk ini.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Vania, Dito, Prostu, Junan, dan Saya. Kami saling bertukar pikiran dan mencoba tiap tiap gagasan yang kami miliki. Dengan itu kami bisa menentukan plus minusnya. Lalu dikombinasikan menjadi minuman yang dapat dinikmati.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Selain tim inti kami menggandeng seorang guru yang bersedia menjadi suplaier okra untuk kami olah dan dia juga yang memberi masukan masukan dari minuman yang kami buat. Kedepannya kami berharap dapat bekerja sama dengan koperasi sekolah serta kantin-kantin untuk menyebarluaskan okra drink.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Penggunaan okra yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Peran aktif dari lingkungan sangat mendukung upaya yang akan kami lakukan. Kami akan merangkul guru-guru dan mitra usaha( produsen okra) serta meminta masukan dari konsumen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Mulai pada tim kami, lalu kita menambah konsumen dengan meminta orang lain mencicipi sampel dari produk kami. Lalu dengan kritik dan saran yang masuk kami mengembangkan produk tersebut

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Pengukuran Dampak
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

7 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Duantra Ari

citra ada beberapa kolom yang belum terisi. seperti bagian kolaborasi. ayo segera isi dan selesaikan ya

Photo of Citra Fadila

Iya kak

View all comments