Natural Food

Program sosialisasi perubahan sumber karbohidrat change majer dan teman 1 kelas dari padi menjadi singkong

Photo of Fadhilah Putri
2 2

Written by

Tanggal Lahir

7042001

Lokasi

Kec. Ambulu - kabupaten jember Kec. Wuluhan - kabupaten jember

Nama Sekolah/Komunitas

SMA Negeri Ambulu

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

92019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Putri.nfadhilah (IG)

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Mengubah asumsi masyarakat dan pola makan masyarakat dari beras menjadi singkong yang lebih alami

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena sebagian masyarakat berkeyakinan bahwa nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia dari sabang hingga Merauke, padahal padi yang awalnya dipanen dalam waktu 6 bulan, kini dipercepat menjadi 3 bulan karena adanya obat kimia yang diberikan.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Seseorang akan mengubah mind set dan polah makan mereka, bahwa nasi bukan menjadi satu-satunya makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari, terlebih sekarng banyak tanaman padi yang diberi obat kimia dan genetiknya sudah berubah yang mulanya 6 bulan panen menjadi 3 bulan panen

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Berubahnya mindset sekaligus pola makan masyarakat dari padi menjadi singkong yang lebih alami, mudah didapat dan harga terjangkau

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Nama anggota tim: ulil albab rijal rohmatullah, achmad riski baehaki, rossy asyifa'ul qolbiani, onita nur afifah, putri nuril fadhilah semua anggota tim kami ikut serta dalam menyumbangkan ide dan argumen saat bermusyawarah. Sampai saat ini, kami memiliki peran yang sama. Tiap individu bebas mengutarakan pendapatnya untuk membuat program yang baik.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami berencana untuk melibatkan Bapak Tohari, tim lain, mentor Ashoka dan orang tua. Caranya : untuk melibatkan Bapak Tohari, kita menceritakan program atau plan kita kepada pak Tohari dengan tujuan mendapat saran serta bantuan untuk mengkoordinir team yang lain sekaligus mentor ashoka. Untuk melibatkan orang tua kami akan menceritakan dahulu kegiatan apa yang akan kami ikuti kemudian menjelaskan rencana program yang akan kami laksanakan dan meminta dukungan serta bantuan dari mereka sesuai dengan profesi mereka saat ini.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Keunikanya, Karena disini kami menonjolkan nature food (MAKANAN alami), khususnya pada sumber karbohidrat. Kami memilih singkong sebagai pengganti nasi yang notabenenya adalah sumber karbohidrat pokok di Indonesia. Alasan Pertama, karena singkong masih alami, artinya masih belum tercampur oleh obat dan pupuk kimia yang biasa digunakan untuk tanaman padi. Kedua, Karena kandungan karbohidrat yang lebih sedikit dari pada nasi, hal ini dapat mengurangi resiko obesitas, selain itu harga singkong lebih terjangkau daripada beras, dan singkong juga lebih mudah untuk ditanam

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

kami akan menjalankan program sosialisasi kepada warga SMANA, kemudian mengajak mereka untuk menjalankan program Hari Singkong yang misal diadakan tiap hari Senin. Hal ini nantinya akan menjadi sebuah BUDAYA bagi warga SMANA. Dengan kreativitas tinggi dan cara mengolahnya yang benar akan menimbulkan dampak yang baik bagi seseorang, sehingga orang tersebut MERASA sadar, kemudian berlanjut mengkonsumsi singkong sebagai sumber karbohidrat yang utama.KAMI juga perlu dukungan dari seluruh warga SMANA untuk dapat menjalankan program kami dengan baik.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Strategi kami untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut adalah dengan melibatkan kelompok tani khususnya di daerah ambulu dan wuluhan. Kita berusaha menyadarkan dan mengajak anggota kelompok tani tersebut untuk menanam singkong sebagai salah satu sumber karbohidrat utama selain padi. Selain itu, kita juga mengajak anggota kelompok tani untuk menanam padi dengan cara lebih alami (mengurangi bahkan menghindari obat dan pupuk kimia) agar kandungan di dalam padi lebih natura, mengingat sekarang ini banyak sekali tanaman padi yang banyak mengandung zat kimia serta panen tidak pada umurnya.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Keuangan

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)
  • Dari mulut ke mulut

2 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Duantra Ari

Wah idemu masih harus dijabarkan lagi nih. Yuk lengkapi pertanyaanya

View all comments