Komunitas Mahesa(mahasiswa hidup sehat)

Sebuah komunitas yg berisi para mahasiswa kos yg menerapkan hidup sehat dan bisa berbagi resep, mendukung, dan sharing satu sama lain

Photo of ashlikhatul khanif
2 1

Written by

Tanggal Lahir

201299

Lokasi

Komunitas ini akan dijalankan di kota Surabaya dan sekitarnya.

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Situs Web dan/atau Media Sosial

Instagram : ashlikhatulkhanif Twitter : ashlikkhanif

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Kebiasaan pola makan dan hidup yang tidak sehat pada mahasiswa terutama anak kos. Alasan anak kos tidak menerapkan pola hidup sehat karena tidakadanya niat, kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana pola hidup sehat, adanya keterbatasan biaya dan waktu juga dukungan dari orang-orang yang ada disekitarnya.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Sebagai seorang mahasiswi gizi saya sudah terbiasa mendengar dan mengetahui mengenai hidup sehat, begitu juga dengan teman-teman.Tetapi sangat sedikit sekali yang mau dan berhasil untuk mengimplementasikan mengenai hidup sehat dengan alasan "anak kos" yang harus menghemat uang, dan tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Padahal jika dihitung-hitung dan dilihat dalam jangka panjang, pola hidup sehat memberikan lebih banyak manfaat.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Saya ingin membuat komunitas untuk para remaja terutama anak kos yg ingin menerapkan hidup sehat.Di dalamnya bisa saling sharing bagaimana cara hidup sehat yg mudah dan murah.Bisa saling berbagai resep dan tips.Acara olahraga bersama, juga inovasi-inovasi baru dan sosial project untuk mengajak masyarakat.Kita juga bisa membuat produk sendiri yg nanti bisa digunakan untuk mengembangkan komunitas, juga sosial media sendiri untuk berbagi informasi.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Yang terkena dampak dari masalah ini adalah anak kos di sekitar kota Surabaya. Karena kurangnya pengetahuan dan kurangnya kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri. Anak kos lebih memilih untuk makan mie instan atau bahkan tidak makan demi menghemat uang. Saat memiliki uang, cenderung digunakan untu nongkrong dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Anak kos juga cenderung kurang melakukan aktivitas fisik.Jika dibiarkan kebiasaan ini akan berdampak bagi kesehatan.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

saya berharap orang-orang yg bergabunf dalam komunitas ini bisa merasakan manfaat hidup sehat dan bagi yang belum memulai akan berani untuk memulai, dan mendapat hukuman 100% untuk bisa menjadi sehat.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • No

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

semua remaja, khususnya mahasiswa dan anak kos dalam berbagai latar belakang dan multidisiplin yang berbeda.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

saat ini saya belum mempunyai sebuah tim.tetapi apabila sudah terbentuk sebuah tim, saya akan mulai untuk merencanakan target kedepan bersama, dan membagi jobdesk masing-masing untuk mulai menjalankan komunitas ini.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

kami membuthkan dukungan dari semua orang

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

jka komunitas ini sudah memiliki banyak anggota, saya akan mengembangkan dengan membuat program sederhana untuk mengedukasi masyarakt juga membuat suatu produk hasil olahan kami sendiri dan sebuah buku dr pengalaman-pengalaman anggota kami.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Mengelola Tim
  • Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Dokumentasi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta

2 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Duantra Ari

Hi Anif ada beberapa pertanyaan yang belum kamu selesaikan nih. AYo jangan biarkan mereka kosong. Segera lengkapi untuk masuk tahap berikutnya

View all comments