Memperjuangkan kantin sehat melalui musrenbang desa

Terlibat langsung di rapat rapat pertemuan musrembang desa

Photo of Lili Nur Indah Sari
3 1

Written by

Saat ini masalah pola makan anak anak dan remaja menjadi persoalan serius. Karena anak anak dan remaja lebih menyukai makanan dan minuman yang tidak sehat yang di jual para pedagang di sekitar sekolah dan tempat umum lainnya. Kami melihat sendiri makanan dan minuman yang di jual mengandung bahan pengawet,penguat rasa,pewarna,dan bahan kimia lainnya.  Mengkonsumsi makanan dan minuman semacam ini dapat berpengaruh negatif bagi perkembangan kecerdasan dan kesehatan  anak dan remaja. Maka memandang perlunya di kembangkan kantin sehat di sekolah yang menyediakan makanan,jajanan , dan minuman yang sehat dan bergizi. Untuk mewujudkan pengembangan kantin sehat ini . Secara lebih cepat maka perlu usaha advokasi kepada para pihak penentu kebijakan melalui musrembang.Melalui musrembang ini kami dapat menyampaikan aspirasi tentang pentingnya pengembangan kantin sehat bagi pengembangan kecerdasan dan kesehatan anak anak dan remaja.Sehingga para remaja dan anak anak dapat tumbuh kembang dengan baik dan dapat memanfaatkan bonus demografi menjadi generasi emas yang berprestasi.

Tanggal Lahir

17092005

Lokasi

Ledokombo jember jawa timur

Nama Sekolah/Komunitas

komunitas tanoker ledokombo jember

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

12020

Situs Web dan/atau Media Sosial

www.tanoker.org facebook ;fatuliq

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Anak-anak saat ini banyak yang mengonsumsi makanan atau jajanan tidak sehat di kantin sekolah.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena masalah ini merupakan masalah yang sangat serius bagi bangsa kita. Asupan yang kita konsumsi sehari-hari sangat mempengaruhi daya pikir dan keaktifan anak, serta kesehatannya di masa sekarang hingga masa tua. Upaya yang dilakukan di sekolah pun tidak berhasil untuk mewujudkan kebiasaan pangan sehat. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan pemerintah dan berbagai pihak dalam masyarakat untuk turun serta dalam upaya mewujudkan program tersebut. Oleh karena itu, permasalahan pangan sehat tidak hanya menjadi permasalahan yang harus diselesaikan melalui musrenbang desa, kecamatan, kabupaten, serta lembaga pendidikan saja. tetapi, masyarakat juga harus turut serta bergerak dalam mewujudkan program tersebut.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Sekolah harus melarang beredarnya makanan yang tidak sehat dan menggantinya dengan makanan atau camilan sehat. Tentunya harus diawali dengan dibentuknya peraturan resmi di tingkat pusat, kabupaten, kecamatan, hingga desa.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Jika hal itu dilakukan, tentu akan terjadi konflik antara pedagang dan guru sekolah. Tetapi, konflik tersebut tentu bisa dipecahkan karena solusi agar pedagang tetap berjualan adalah dengan menjual makanan sehat.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dengan menggunakan ide tersebut, upaya untuk mewujudkan pangan sehat akan tercapai. Contoh, dengan larangan beredarnya makanan tidak sehat dan diharuskan menjual makanan sehat, anak- anak akan terlihat lebih sehat hidupnya karna terhindar dari bahan kimia yang dapat memicu anak mudah terserang penyakit-penyakit seperti diare, radang tenggorokan, dll, yang terdapat pada makanan atau camilan yang tidak sehat. Daya pikir dan keaktifan anak juga akan semakin meningkat dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Masyarakat juga menjadi paham dampak makanan tidak sehat dan menjadikan hidupnya lebih sehat kedepannya. Dengan hal itu, Indonesia akan menjadi makin sejahtera.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Tim kita adalah Fatuliq, Haikal, dan Tasya. Kita saling berbagi ide-ide kreatif untuk solusi permasalahan yang kita hadapi bersama. Tujuan kita yang sama, membuat kita menjadi tim yang sangat bertekad untuk menyelesaikan masalah tersebut karena persoalan pangan sehat sudah terlihat sangat miris dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Ada, kita didampingi oleh Kak Ryan yang tahun lalu menjabat sebagai ketua forum anak Kecamatan Ledokombo.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Ide kita ini tentu berbeda dengan ide-ide yang lain. Karena memang kita ketahui bersama bahwa sangat sedikit masyarakat yang sadar akan pangan sehat.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Kita tentu butuh dukungan penuh dari pemerintah pusat untuk mewujudkan keinginan tersebut. Karena, pergerakan dari bawah terlalu sering mengalami kegagalan dalam hal mewujudkan pangan sehat. Maka dari itu, kita butuh pemerintah sebagai dalang utama dalam mewujudkan keinginan tersebut.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Kita akan mulai dari bawah terlebih dahulu. Diawali dengan diri kita sendiri untuk menghindari makanan tidak sehat, dan mengawali hal tersebut dari keluarga kita sendiri. Mulai dari masakan-masakan yang orang tua kita masak di rumah dengan tidak menggunakan bumbu berbahan kimia atau bumbu lain yang berbahaya.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

Spam
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

Spam
Photo of Old Friend

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!