PLPA

PELET LELE PEPAYA KOTORAN AYAM

Photo of Franky Adiputra
1 0

Written by

Di lingkungan rumah ada sebuah kolam ikan lele yang berada di bawah kandang ayam. Kotoran ayam tersebut di jadikan makanan lele,pasti kandungan dalam tubuh lele tidak bernutrisi, maka dari itu saya membuat pakan lele dengan daun pepaya yang sangat banyak manfaatnya bukan itu saja yang saya campur,kotoran ayam juga terlibat karena masih bisa dimanfaatkan.

saya tidak ingin berhenti sampai disini juga sampah organik pun saya manfaatkan untuk dijadikan pakan ikan lele/ikan yang lainnya dan ini masih presos perencanaan. 

Tanggal Lahir

1042001

Lokasi

JEMBER

Nama Sekolah/Komunitas

SMKN 5 JEMBER

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

24102019

Situs Web dan/atau Media Sosial

ig @frankyadiputra813 @fraks_picture fb franky adi

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

masyarakat kurang mengosumsi ikan balita yang membutuhkan sedikitnya penjual ikan lele/ikan harga ikan lele/ikan harga pakan ikan yang lumayan mahal membuat pembaruan bagi pengusaha ikan dan juga ingin membuat masyarakat memakan ikan yang berproptein.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

kondisi masyarakat yang masih kurang memanfaatkan kotoran ayam sehingga kotoran ayam terbuang percuma. apalagi di bawah kandang ayam ada kolam ikan dan setiap harinya si ikan mengosumsi kotoran ayam. jika terusd menerus tubuh ikan akan melemah karna makanan tersebut masih belum dikelolah yaitu kotoran ayam.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

memanfaatkan kotoran ayam untuk pakan lele pakan lele yang lumayan mahal sehingga banyak pengusaha bangkrut yangt disebabkan oleh faktor harga pakan jadi saya ingin membuat ide ini untuk di contoh oleh pengusaha ikan agar mereka tidak kebingungan harga pakan ikan

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

saya masih tahap uji coba pada tanggal 29 september 2019 saya menguji pakan ikan lele ini di kolam ikan mas dan koi sungguh aneh bukan hari pertama memberi pakan ikan lele di kolam hari kedua hingga keempat melihat hasil

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

bisa meringankan pengeluaran biaya pakan ikan masyarakat bisa mengosumsi ikan lele dengan harga yang terjangkau

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

teman saya yang di jurusan AHP agrobisnis hasil pangan untuk meneliti isi kandungan pelet lele pepaya kotoran ayam.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Pertama saya akan melibat anak perikan yg ada di smkn 5 jember untuk membantu ide saya. Kedua anak pengolahan pertanian dan perikanan untuk membuat pakan lele yang baik. Ketiga analisi penetilian laboratorium untuk melihat kandungan pakan lele daun pepaya.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

kotoran ayam dengan daun pepaya

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Yang pasti untuk mempertahankan mengembangkan saya mulai di perikan smkn 5 jember untuk uji coba jika berhasil insyallah akan dipatenkan milik smkn 5 jember dan bisa dipasarkan.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

ingin tahun depan masyarakat sudah mengosumsi ikan hampir setiap hari agar kebutuhan protein tercukupi.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Pengukuran Dampak
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • dari kak rahmad

1 comment

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!