PUIN (PUDING BERPROTEIN)

Ide saya yaitu dengan memasukkan bahan yang mengandung protein ke dalam puding yang biasanya terlalu banyak mengandung gula.

Photo of Achnia Azla
1 1

Written by

Tanggal Lahir

12012001

Lokasi

Jl. Kartika Eka Paksi no. 17, Binjai, Sumatera Utara

Nama Sekolah/Komunitas

Universitas Negeri Medan

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Situs Web dan/atau Media Sosial

Ig : @achniaazla

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Persoalan yang saya coba selesaikan adalah banyaknya jajanan manis (seperti puding) di lingkungan sekolah yang terlalu banyak mengandung gula. Hal ini akan menyebabkan anak-anak mengalami sakit gigi hingga obesitas maupun diabetes di masa tuanya. Juga persoalan pemenuhan kebutuhan protein pada anak yang sulit mengkonsumsi ikan.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya peduli dengan masalah tersebut karena ini adalag bukti pengabdian saya kepada masyarakat sebagai mahasiswa gizi. Saya memutuskan memulai inisiatif ini karena hal ini tidak terlalu rumit untuk saya kerjakan, namun sangat membantu pemenuhan gizi pada anak-anak yang suka makan makanan manis dan sulit makan ikan.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Ide saya dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan memasukkan bahan pangan yang mengandung protein ke dalam puding yang disukai anak-anak.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Hipotesa yang saya harapkan adalah ketika seorang anak memakan puding berprotein, kebutuhan anak yang sulit memakan ikan akan tercukupi, dan anak yang terlalu banyak memakan makanan manis juga akan mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Sasaran dalam ide saya adalah anak - anak, jadi saya harap anak - anak lebih belajar memperhatikan kandungan makanan yang mereka makan agar nutrisi yang mereka butuhkan dapat tercukupi.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • No

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Saya akan mengajak teman - teman saya untuk mempromosikan puding yang saya buat.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Sisi uniknya, dalam pembuatan puding ini saya tidak memakai pewarna makanan, saya memakai perasan daun suji dan pandan. Lalu saya juga membuat lapisan dengan puding santan. Dan tentunya puding yang saya buat mengandung protein karena saya memasukkan telur dalam adonan puding dan vla penyiram nya

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Rencana saya akan membuat usaha dengan memasarkan puding ini ke khalayak ramai. Saya butuh dukungan berupa promosi.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Strategi saya adalah dengan menjual puding saya berbentuk dessert agar orang tua tertarik membeli dan memberikan kepada anaknya

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani

1 comment

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!