Pujaseri (pusat jajanan sehat bergizi)

Mewujudkan suatu tempat terpadu yg dpt mengedukasi dan memenuhi isi piring bergizi sekaligus menjalin kemitraan yg menguntungkan bg pedagang

Photo of fikri naziha
3 1

Written by

Tanggal Lahir

1292000

Lokasi

Jember

Nama Sekolah/Komunitas

Universitas Jember

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

0

Situs Web dan/atau Media Sosial

IG: @fkrnaziha

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Kurangnya perhatian baik dari pemerintah, sekolah bahkan orang tua ttg kesehatan jajanan anak di sekolah. Meski dianggap sepele, hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yg dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa yg datang. Kerjasama serta keterlibatan dari pemerintah, sekolah, pelaku usaha, dan orang tua menjadi hal penting demi mewujudkan lingkungan yg kondusif untuk menerapkan gaya hidup sehat dan memberikan kemudahan dalam mengakses makanan bergizi.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Berawal dari keresahan, keprihatinan, dan pengalaman thdp jajanan yg dikonsumsi siswa-siswa sejak SD yg jauh dari kata sehat. Mulai dari kandungan gizi, bahan-bahan aditif di dalamnya serta kebersihan penjual dalam menyajikan menu makanan kadang membuat saya merinding sendiri, hehe. Menurut saya, hal ini juga disebabkan salah satunya oleh tidak maksimalnya pemanfaatan kantin sekolah yg seharusnya bisa menyediakan makanan yg lebih sehat lagi. Kerjasama antara pengelola kantin dan sekolah sebagai pembuat kebijakan seyogyanya mampu mengatasi permasalahan pemenuhan jajanan sehat di lingkungan sekolah.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Dengan menjalin kerjasama antara sekolah, pelaku usaha serta guru dan orang tua untuk mewujudkan sebuah lingkungan atau tempat terpadu yg menyediakan makanan bergizi berupa jajanan yang nantinya dibagi dalam pos pos sesuai kandungan gizi. Sehingga siswa selain dapat mengatur kebutuhan gizinya sendiri juga dapat mengerti dan memahami bahan bahan serta olahan makanan apa saja yg mengandung masing-masing nutrisi sesuai dengan pos nya. Bisa juga ditambahkan poster-poster tentang pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat di sekitar kantin. Sebelum itu semua, tentu perlu adanya penyuluhan dan pelatihan terlebih dahulu terhadap pelaku usaha jajanan anak sekolah di kantin dalam pengolahan bahan makanan yang sehat bergizi, namun tetap memberi keuntungan secara ekonomis dengan menggunakan bahan bahan disekitar kita. Kerjasama ini juga diharapakan dari pihak sekolah untuk mengeluarkan kebijakan yang dapat memblokir akses jajanan tidak sehat di lingkungan sekolah.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Dengan lingkungan yg mendukung untuk menerapakan pola hidup sehat dan gizi seimbang di sekolah, harapannya dapat meningkatkan kesadaran para siswa dan menjadikannya sebagai kebiasaan bahkan setelah siswa berada di lingkungan rumah. Sehingga orang tua bisa dengan tenang membiarkan anaknya menuntut ilmu tanpa perlu khawatir dengan masalah kesehatan yg berkaitan dengan jajanan di sekolah. Orang tua yg mungkin tidak terlalu punya kesibukan juga bisa ambil bagian dengan ikut menjadi koki atau penyumbang ide olahan makanan yang sehat dan ekonomis, dengan kata lain dapat membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Roda perekonomian berjalan yg melibatkan seluruh warga sekolah dan lingkungan sekitarnya. Siswa terbiasa makan makanan bergizi sehingga bisa menularkan ilmunya ke lingkungan rumahnya. Meningkatkan kreativitas siswa dalam mendesain poster yg mengajak hidup sehat dan makan makanan bergizi seimbang.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • No

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Belum ada

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Mengajak orangtua berperan aktif dalam pengembangan program ini

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Kantin ini tidak hanya menjual jajanan pada saat siswa istirahat saja, namun juga menyediakan sarapan harian maupun juga paket bulanan. Sehingga membantu bagi orang tua yg memiliki kesibukan lebih dan tidak sempat memasakkan sarapan bergizi seimbang bagi anaknya. Kantin "pujaseri" juga meyediakan layanan catering baik prasmanan maupun kotakan untuk acara acara keperluan di sekolah. Dari kegiatan ini nantinya diharapkan sebagian keuntungan yg di dapat kantin juga bisa digunakan untuk pengembangan fasilitas sekolah lainnya.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Monitoring program dengan menunjuk salah satu atau dua dari pegawai sekolah maupun dari pihak luar yang bersedia untuk memastikan program terus berjalan dan menghasilkan keuntungan

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Belum tahu

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Keuangan
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Situs web Saya Pemberani
  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

3 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Duantra Ari

Hi Fikri ada beberapa form yang belum lengkap. Ayo segera dipenuh :))

View all comments