Revitalisasi Kesehatan untuk Generasi Emas 2045

Mengadakan event POMAHISET yang terdiri dari lomba-lomba ,sosialisasi,workshop,game,bakti sosial ,bazar dan lain sebagainya.

Photo of Faisal imuts
6 0

Written by

Kami akan mengadakan serangkaian acara yang berkaitan dengan 3 B (Bergizi,Berimbang dan Bernutrisi ),berbahanya MSG apabila digunakan terlalu berlebihan serta menjelaskan tentang Pola Makanan Hidup Sehat (POMAHISET) kepada anak-anak atau remaja yang anantinya akan menyosong generasi emas 2045.

Berikut adalah acara yang akan kami akan selenggarakan :

1.Anak TK/SD (Target 2 Sekolahan)

-Mengajari cuci tangan dengan baik

-Menjelaskan tentang sayur dan buah bagi hidup kita

-Pembagian doprize (Sabun untuk cuci tangan) dan lain sebagainya

2.Panti Asuhan (Target 2 Panti Asuhan)

-Membagi sembako dan pakaian layak pakai

-Makan bersama

-Game Pola Makanan Hidup Sehat

-Menjelaskan tentang 3 B , Pola Makanan Hidup Sehat dan MSG

3.Bazar SMK N 1 Jember

-Kami akan mengadakan bazar yang bekerjasama dengan ekstrakulikuler SPW  (Sekolah Pencetak Wirausaha)

-Pada saat lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa) wilker 2

-Memperhatikan produk yang dijual

4.Pentas Seni POMAHISET (Puncak Acara)

-Presentasi 5 terbaik esay dengan tema Pola Makanan Hidup Sehat

-Pentas seni

-Pembagian Dooprize

-Memperkenalkan 3 B


Tanggal Lahir

5272002

Lokasi

Kabupaten Jember

Nama Sekolah/Komunitas

SMK N 1 Jember

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Matang (sudah berhasil melewati tahap awal, telah merancang rencana ke depan)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

1112019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Instagram: Revitalisasi 2045 Facebook: Kesehatan Milenial

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Indonesia akan mengalami masa emas ditahun 2045 ,kita sebagai generasi muda/remaja harus berkontribusi dalam hal tersebut. Tapi pada kenyataanya pada era ini remaja sering dikatakan generasi MICIN karena remaja suka mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung MSG .Bukan hanya itu saja ,kebanyakan orang terutama anak- anak banyak yang tidak memperhatikan pola makanan hidup sehat yang apabila masalah ini diteruskan akan menjadi ancaman kesehatan seperti tidak mencuci tangan sebelum makan,tidak suka sayur dan buah,sering mengkonsumsi produk yang banyak mengandung bahan pengawet, maka dari itu saya dan tim saya ingin menyelesaikan masalah tersebut dengan serangkaian ide yang kami buat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Permasalahan yang kami angkat adalah hasil survey kami ,yang dibantu oleh mentor Ashoka yaitu kak Riyan. Dalam melakukan pensurveyan ini kami akan mencari fakta-fakta yang terjadi sekitar lingkungan kita. Mulai dari sekolah ,rumah,lingkungan masyarakat dan lain sebagainya. Setelah kita melakukan pensurveyan ini akhirnya kita mendapatkan masalah yaitu dimulai dari sekolah kami pada saat itu dikelas saya terdapat anak kelas sedang memakan buah mangga yang masih muda yang dicocol dengan MSG dan bubuk pedas ,banyak anak anak desa yang tidak suka sayur dan buah,terdapat juga anak panti asuhan yang kurus dan membutuhkan bantuan. Dari masalah tersebut kami ingin menyelesaikan dengan cara mengajari tentang pola makanan hidup sehat kepada mereka.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Untuk mengatasi masalah tersebut kami sudah mempunyai solusi yaitu dengan mengadakan serangkaian acara yang berkaitan dengan 3 B (Bergizi,Berimbang dan Bernutrisi ),bahanya MSG apabila digunakan terlalu berlebihan serta menjelaskan tentang Pola Makanan Hidup Sehat (POMAHISET). Berikut ini adalah Acara yang kami buat terdiri dari sosialisasi,workshop,game,bakti sosial,lomba-lomba,bazar dan lain sebagainya. Dalam mewujudkan ide ini saya sudah mempunyai partner yaitu Fitria Wulandari sebagai ketua OSIS Periode 2019/2020. Serta kami akan mengajak kerja sama antara ekstrakulikuler PMR dan OSIS dalam mewujudkan ide yang kami buat dengan memperhatikan aspek kerja sama,kesolidaritasan ,komunikasi dan kekeluargaan.Tim kami juga mempunyai motto "berkarya pantang menyerah dan selalu berusaha".

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Jika seseorang / sekelompok orang menggunakan ide saya. saya akan mersasa terhormat karena ide saya banyak dikenal orang dan akan mempermudah mimpi saya untuk menjadi nyata serta mewujudkan dalam lingkup yang lebih besar.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Berikut adalah dampak sasaran yang dituju : 1.Anak TK/SD -Bisa mencuci tangan dengan baik -Untuk menyukai makanan yang mengandung sayur 2.Panti Asuhan -Memberikan sembako dan pakaian layak pakai -Untuk memberikan wawasan kepada anak anakpanti asuhan tentang makanan yang mengandung 3B (Bergizi,Berimbang,Bernutrisi) 3.Bazar (SMK N 1 Jember) -Memperdayakan siswa SMK N 1 Jember melalui ekstrakulikuler SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) -Memasarkan produk unggulamn SMK N 1 Jember -Memperhatikan nilai gizi yang terkandung dalam produk 4.Pentas Seni POMAHISET (Puncak Acara) -Memberikan wawasan kepada siswa tentang 3B (Bergizi,Berimbang,Bernutrisi) -Menyediakan makanan yang sehat melalui bazar -Melatih pola pikir siswa dengan mengadakan lomba esay tentang Pola Makanan Hidup sehat

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Dalam menjalankan sebuah project ini saya sudah memiliki tim yaitu Fitria Wulandari sebagaI Ketua OSIS dan dia juga termasuk salah satu anggota PMR WIRA disekolah saya dan ide ini akan menjadi Kami akan bekerja sama kerja sama antara ekstrkulikuler PMR dan OSIS dan akan menjadi program kerja untuk memperingati hari sehat nasional yang diperingati tanggal 12 November. Dalam berkerja sama dalam tim kami sudah mempunyai catatan penting yaitu dengan memperhatikan waktu, kesolidaritasan, serta kekeluargaan tim.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Dalam mewujudkan ide ini kami juga mempunyai pihak pihak yang lain yaitu dengan bantuan bapak /ibu guru dalam mendukung keberhasilan acara ini. Caranya adalah dengan mengajukan proposal ke kepala sekolah untuk menjelaskan ide yang kami buat.Tidak hanya itu saja pihak eksternal juga menjadi juru keberhasilan dalam acara ini seperti kepala sekolah TK, pimpinan panti serta masyarakat.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Keunikan dari ide ini dibandingkan ide yang lainya kami menggabungkan serangkaian acara yang mempunyai banyak sasaran seperti anak TK/SD,anak panti asuhan, siswa-siswi SMK N 1 Jember juga dalam berperan penting untuk menjaga pola makanan hidup sehat serta memperkenalkan 3B dan dimulai dari hal yang kecil. Ide ini juga termasuk salah satu action plan atau ide dari siswa-siswi SMK N 1 Jember daalm rangka kemanusiaan. Dalam pelaksananya ide ini akan menjadi program kerja tahunan bagi ekstrakulikuler PMR dan OSIS .

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Project ini akan menjadi salah satu program kerja tahunan dalam rangka memperingati hari sehat nasional tepatnya pada tanggal 12 November. Yang akan dijalankan oleh ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) serta bantuan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) serta tidak lupa juga dukungan dan bantuan dari Bapak/Ibu guru yang ada disekolah kami.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Dalam mengembangkan ide ini lebih lanjut kami akan memperluas jangkauan sasaran kami seperti santri pondok,Ibu kantin,mengunjungin warga setempat dan lain sebagainya. Dan akan mengajak mitra baru untuk bergabung kepada kami seperti mengajak ekstrakulikuler PMR yang ada di Kabupaten Jember dan pastinya akan menambah project- project yang luar biasa dan pasti mempunyai banyak manfaat untuk mewujudkan visi misi kami. Dan tidak lupa kami juga mempunyai motto "berkarya pantang menyerah dan selalu berusaha".

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Situs web Saya Pemberani
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

Attachments (1)

index.jpg

Ide ini merupakan karya serta kepedulian dari siswa-siswi SMK N 1Jember dalam mengikuti saya pemberani yang diadakan oleh ASHOKA yang dijalankan oleh beberapa ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR),Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW).

6 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments