Organic for Teasty

Pemanfaatan limbah cangkang telur yang kaya akan kalsium kedalam bentuk bubuk sebagai bahan utama teh yang diperkaya dgn nutrisi sayur/buah.

Photo of iris santoso
1 1

Written by

Limbah cangkang telur dijadikan bubuk dengan tahap menghilangkan bakteri serta kuman yang ada pada cangkang telur terlebih dahulu dengan dipanaskan pada suhu tertentu,  lalu melakukan penghalusan cangkang telur dengan ditumbuk. Setelah menjadi bubuk, dilarutkan dengan air, lalu sari pati buah/sayur( dari buah/sayur yang telah di blender) dimasukkan dan dicampurkan. Lalu diberi tambahan rasa manis dari sari pati daun stevia dan sedikit tambahan larutan gula.

Lokasi

Kota Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMA Santa Maria Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Situs Web dan/atau Media Sosial

instagram : @irissantoso_ @stephanie_angelina_z

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Tingkat konsumsi produk berkalsium, berserat dri buah/sayur rendah pada anak (diatas 1 thn) hingga remaja Surabaya yg blm memenuhi standar kebutuhan gizi sehari hari masih rendah, yaitu mencapai 90%^ ,khususnya teman-teman saya di SMA Santa Maria Surabaya yang 65% jarang mengkonsumsi zat-zat gizi tersebut dengan alasan ketidaksukaan rasa ataupun pola gaya hidup. Gaya hidup seseorang yang jarang/bahkan tidak pernah mengkonsumsi zat-zat gizi ini perlu segera diatasi, sehubung bahwa zat gizi ini yg mendorong tumbuh kembang anak dan remaja baik secara fisik maupun nonfisik dalam tubuhnya.Ditambah dgn bukti remaja SMA Santa Maria Surabaya saat ini lbh sering mengkonsumsi minuman dgn berbagai kandungan bhn tidak alami yg justru berisiko bg tubuh.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Melihat gaya hidup anak dan remaja Surabaya khususnya remaja SMA Santa Maria Surabaya yang kurang suka mengkonsumsi baik dari sayur/buah serta produk penghasil kalsium dan tak jarang mengganti menu makan/minum mereka dgn produk berbahan kimia, menimbulkan lemak jahat berlebih ,dsbg. Saya dan rekan saya khawatir dengan keadaan yang terjadi pada generasi muda saat ini.Pemenuhan gizi yang optimal menjadi standar majunya seorang manusia, untuk membantunya dalam mengembangkan diri baik secara fisik maupun nonfisik.Melihat peluang pemerolehan bahan dasar yang mudah dan kebanyakan bersifat alami,juga metode pembuatan minumannya yang mudah, kami bertekad untuk mendorong terlaksananya ide kami ini, demi kemajuan generasi muda Indonesia.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

menciptakan minuman berkhasiat tinggi dengan kandungan kalsium serta nutrisi sayur/buah dengan tambahan pemanis alami (daun stevia) juga sedikit tambahan gula pasir, yang dapat dinikmati oleh anak dan remaja Surabaya khususnya remaja SMA santa Maria Surabaya karena sensasi rasanya yang "tasty" dan menyehatkan.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

•Dapat membuat penilaian akan minuman ini. bahwa minuman ini, terdiri atas beberapa zat gizi yang berbeda didalamnya namun memiliki rasa yang enak untuk dinikmati, memiliki kombinasi rasa yang lebih menarik daripada rasa persatuan sayur/buahnya. •Dapat mengkomunikasikan penilaiannya ini kepada orang di sekitarnya. Sehingga akhirnya dapat menarik orang-orang disekitarnya untuk mencoba dan memberikan penilaian terhadap minuman ini, lalu kembali mengkomunikasikannya lagi dan begitu seterusnya. Sehingga menjadi sehat dengan cara yang enak dapat menjadi bagian dari gaya hidup orang -orang ini. •Sadar akan komponen gizi yang ada didalamnya yang dapat dikelola menjadi minuman manis yang enak pula, dapat menjadi alternatif bagi mereka (orang sekitar) yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman manis lainnya yang berisiko mengancam kesehatan tubuh karena kandungan didalamnya.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

-dampak yang akan terjadi ketika banyak anak dan remaja Surabaya, khususnya remaja SMA santa Maria Surabaya mengkonsumsi minuman ini ,adalah dapat menanamkan "mindset" bahwa nutrisi sayur/buah serta mineral kalsium dapat dikemas dalam produk minuman yang enak juga meskipun dengan kadar gula yang sedikit. -Minuman ini adalah minuman yang fleksibel secara rasa dan tekstur sehingga dapat dikonsumsi oleh siapapun (kecuali bayi dan balita), sehingga akan ada banyak orang di Surabaya khususnya SMA Santa Maria Surabaya yang dapat merasakan nutrisi sehat buah/sayur serta kalsium dalam satu produk minuman yang enak.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

saya Iris S. berkolaborasi dgn teman saya bernama Stephanie Angelina. Sejak awal, kami memiliki keprihatinan yang sama mengenai rendahnya konsumsi nutrisi buah dan sayur serta kalsium anak-anak serta remaja surabaya. Sehingga kami menggagas ide produk ini secara bersama dengan mempertimbangkan semua hal bersama. Mimpi membuat minuman ini tentu perlu dikaji secara mendalam mengenai apa kandungan/ isi didalamnya serta cara mempresentasikan minuman yang menarik, mengenai hal ini Angel banyak memberikan usulan komponen-komponen yang memadai, sedangkan saya banyak mencari cara mewujudkannya

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Akan ada pihak yang terlibat dalam pewujudan ide ini. Dalam proses pembuatan minuman, melibatkan peneliti untuk meneliti kualitas kelayakan cangkang telur yang akan terpakai. Serta dari situ memberikan informasi kepada kami untuk melengkapi metode -metode yang akan kami pakai dalam pengolahan cangkang telur. Dalam pewujudan mimpi kami, tentunya dari pihak konsumer yaitu rakyat Surabaya khususnya remaja SMA santa Maria Surabaya yang menjadi bukti kesuksesan tingkat pengkonsumsian zat gizi melalui minuman ini.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Minuman ini mengandung berbagai khasiat sekaligus dalam satu produknya yaitu kalsium dan nutrisi-nutrisi didalam buah/ sayur. minuman ini hendak menangani berbagai kebutuhan gizi anak dan remaja Surabaya yang salah satunya,menjadi keprihatinan bangsa belakangan ini. Bahan-bahan minuman ini kebanyakan alami. Uniknya, sumber kalsium utama minuman didapat dari cangkang telur yang merupakan limbah yang banyak kita abaikan selama ini. Minuman ini dapat menjamin khasiat baiknya bagi tubuh dan tetap dengan mengutamakan cita rasa yang enak.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

dengan sumber daya manusia yang sudah terbentuk dengan dukungan orang sekitar juga didorong dengan niat dan mimpi yang kami miliki bagi teman dan saudara kami di Surabaya. Dari segi kualitas minuman, minuman ini adalah minuman yang dapat dinikmati oleh lidah anak serta remaja dengan rasanya yang segar dan manis juga melihat potensinya dalam nutrisi bagi tubuh, dapat menjaga posisi minuman ini sebagai minuman yang unik, karena mengandung berbagai nutrisi sekaligus.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Melakukan uji coba produk minuman dengan berbagai varian komponennya, melakukan uji coba penawaran terhadap orang- orang sekitar, membuat inovasi terhadap komponen minuman dengan menu baru,mempublikasi serta mengkomunikasikan keberadaan minuman ini sebagai rekomendasi minuman yang dapat dicoba anak dan remaja Surabaya ,untuk kemajuan pola gaya hidup mereka sebagai citra bangsa kedepan.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

1 comment

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!