Traveling makanan sehat

Jalan jalan sambil mengamati dan mencari kuliner yang sehat dan diposting di sosial media agar dapat dilihat banyak orang

Photo of Erna DM
1 0

Written by

Belum tau

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

UNUSA

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Situs Web dan/atau Media Sosial

IG : ernadmh Line : ernadwi.m

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Pola hidup masyarakat yang tidak sehat, terutama pola makan yang tidak sehat. Masyarakat cenderung konsumtif dan kurang memperhatikan kandungan gizi yang ada pada makanan yang dikonsumsi. Sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular, seperti diabetes, obesitas, kurang energi kronik,anemia, hipertensi dan lainnya. Penyebab utamanya adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi makanan sehat, kurangnya aktivitas fisik karena kesibukan yang dijalankan, dan kurangnya informasi tentang makanan sehat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena masalah kesehatan degeneratif ini banyak dialami oleh remaja, dimana remaja adalah masa persiapan prakonsepsi atau persiapan kehamilan. Jika di masa ini kebutuhan zat gizi tidak dapat terpenuhi dengan baik akan berakibat fatal. Seperti anemia, kurang energi kronik, obesitas dimana penyakit-penyakit tersebut bisa mempengaruhi masa depan bangsa. Akibatnya, berat bayi lahir rendah, stunting, dll yang menyebabkan sumber daya manusia menjadi rendah.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Saya akan membuat video semacam vlog yang berisikan review makanan. Tidak hanya makanan sehat yang akan saya review, junk food atau fast food juga akan saya review. Namun, akan saya berikan penjelasan mengenai makanan yang sehat itu seperti apa. Misal, junk food burger akan saya review dan memberitau cara mengkonsumsi junk food agar tetap sehat dan zat gizinya terpenuhi. Penjelasan yang akan saya berikan akan saya dapatkan dari jurnal penelitian dan riset. Kemudian akan saya upload ke sosial media seperti instagram. Saya juga akan membuat polling di instastory untuk mengetahui request review makanan selanjutnya dari followers saya.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Membuat ideku lebih menarik untuk dilihat oleh banyak orang. Mencari hal yang daoat membedakan ide saya dan ide saya yang ditiru oleh orang lain. Sebenarnya, akan lebih baik jika banyak yang mereview makanan sehat karena akan berdampak lebih cepat pada masyarakat. Masyarakat akan lebuh cepat sadar akan makanan yang dikonsumsi.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Belum tau

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Nyolanda ramadany, dia adalah teman sekelas saya yang saya anggap cukup menguasai dalam pembuatan video. Dia berperan sebagai pengambilan video dan mengeditnya.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Saya berencana untuk melibatkan ILMAGI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia) untuk sharing dan mengupload vlog saya di sosial media nya. Dan dosen gizi yang ada di kampus saya untuk sharing mengenai materi vlog yang akan saya buat.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Sejauh ini banyak sekali vlog makanan namun tidak untuk pola sehat mengkonsumsi makanannya. Pendekatan yang saya lakukan adalah melalui instagram, dimana pengguna instagram di indonesia sangatlah banyak.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Membuat jadwal untuk take video makanan sehat. Followers, karena dengan polling instastory saya dapat mengetahui makanan apa yang ingin followers saya review sehingga meningkatkan persen keberhasilan. Tim yang take dan mengedit video, karena saya tidak bisa mengambil take video secara sendiri.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Belum tau

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Desain Visual

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta

Attachments (1)

1570765189756.jpg

Sintesa ide

1 comment

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Ayo Lengkapi Formulir di sayapemberani.id!

Halo, Para PEMBaharu gERAkaN gizI!
Terima kasih sudah mendaftarkan ide pembaharumu di sayapemberani.id.
Apakah kamu sudah melengkapi formulirmu?

Kalau belum, segera lengkapi formulirmu dengan mengisi seluruh pertanyaan di sayapemberani.id sebelum Senin, 4 November 2019 pukul 23:59 ya!

Pastikan semua pertanyaan di formulirmu sudah terisi, setelah itu simpan dan terbitkan! Jika ada pertanyaan yang membingungkan atau ada tahapan yang belum kamu lakukan, kamu bisa mengisinya dengan “tidak tahu”, “belum ada” atau “belum melakukan”.

Kalau sudah, selamat! kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi untuk ke tahap selanjutnya.

Jika ada pertanyaan atau info lebih lanjut, kamu bisa hubungi:
Email: sayapemberaniid@gmail.com
Website: https://sayapemberani.id/
Facebook: Saya Pemberani ID
Instagram: sayapemberani.id

Salam Pemberani!