Golden food (Makanan berkualitas juga berasal dari bumbu yang berkualitas)

Golden food sebagai makanan yang mengandung penyedap berkualitas dan berbahan dasar alami

Photo of Chelsea Gautama
2 2

Written by

Tanggal Lahir

260805

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Santa Maria Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Pertumbuhan (ide telah teruji dan sedang berkembang)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

11019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Chelseafransiska_

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Kecanduan MSG pada anak-anak dan remaja. Hal ini penting karena MSG dapat menyebabkan : 1)Tubuh menjadi lemas 2)Kulit menjadi merah 3)Tekanan atau rasa kencang pada wajah 4)Berkeringat 5)Mati rasa, kesemutan atau rasa terbakar di bagian tubuh tertentu, misalnya leher dan wajah 6)Detak jantung yang cepat 7)Nyeri dada 8)Sakit kepala 9)Mual.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Selain masalah yang disebutkan di atas, ada teman kami yang suka mengonsumsi MSG secara langsung tanpa makanan. Selain itu banyak ibu-ibu suka memasak menggunakan bumbu instan seperti kaldu instan, dan sebagainya. Fokus kami untuk sekarang adalah anak-anak dan remaja berkisar usia 11-15 tahun.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Memperkenalkan golden food sebagai makanan yang mengandung penyedap berkualitas dan sehat yang akan kami bagikan dengan cara menyebarkan informasi tentang golden food melalui media sosial, lalu membagikannya ke teman-teman dan masyarakat sekitar kami (tetangga atau orang-orang di lingkungan perumahan)

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Ibu-ibu akan mulai mengganti bumbu yang semula instan dan seringkali dipakai ketika memasak, ke bumbu yang dibuat menggunakan bahan alami. Kebiasaan menggunakan bumbu instan akan berubah. Munculnya inovasi dari orang lain yang telah mengenal golden food untuk membuat bumbu alami yang rasanya lebih beragam lagi.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

1)banyak orang yang yang dapat menikmati makanan enak dengan bumbu yang sehat 2)mengurangi konsumsi bumbu instan 3)tidak menimbulkan efek samping 4)baik bagi tubuh 5)menghadirkan rasa yang lebih banyak dan menarik

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Aku dan aurel sering bertukar argumen satu sama lain. Kami akan berdiskusi setipa pulang sekolah untuk membahasa apa yang dapat kita tambahkan untuk program ini.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami memiki tim yang terdiri dari aku dan aurel serta dua orang lain.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

1) bumbu penyedap berbahan dasar alami 2) menyebarluaskan dengan menggunakan media sosial(instagram) yang lebih dekat dengan kehidupan remaja saat ini 3) menggunakan komik dan hiburan lainnya yang bisa dipublikasikan di media sosial 4) mengenalkan golden food saat ada acara lingkungan rumahan(contohnya arisan) 5) membagikan resep dan inovasi lainnya pada saat arisan

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Tetangga atau lingkungan sekitar. Tetangga yang penasaran dapat membuat projek tetap berlangsung. Selain itu lingkungan sekitar kami, contohnya teman-teman di sekolah, dapat kami ceritakan tentang golden food ini

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Rencana kami untuk sekarang adalah membuat akun media sosial khusus untuk mempublikasikan apa saja yang berhubungan dengan golden food. Setelah mengumpulkan respon orang-orang, di dunia maya maupun di sekitar kami, ada rencana untuk mengadakan penyuluhan ke anak-anak. Rutin setahun sekali. Selain itu kami akan memperkenalkan inovasi-inovasi makanan sehat lainnya dan bisa dikembangkan orang lain.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Hubungan Masyarakat
  • Pengukuran Dampak
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

2 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments