Aplikasi "PEKA" Peduli Kandungan Gula

Aplikasi yang dapat menghitung kandungan gula pada makanan dan minuman kemasan yang kita konsumsi setiap harinya.

Photo of Rendi Eko Kurniawan
2 5

Written by

Tanggal Lahir

8182003

Lokasi

SMK YPM 1 TAMAN SIDOARJO

Nama Sekolah/Komunitas

SMK YPM 1 TAMAN SIDOARJO

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Pertumbuhan (ide telah teruji dan sedang berkembang)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

24082019

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Menangulangi kelebihan kadar gula yang kita konsumsi pada produk kemasan. Sehingga kita bisa mengontrol kandungan gula yang kita konsumsi pada produk kemasan dengan aplikasi "PEKA" Peduli Kandungan Gula.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena zaman sekarang banyak sekali orang yang terkena penyakit diabetes, bahkan anak kecil ataupun remaja seusia kita sudah terkena penyakit ini.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Aplikasi "PEKA" ini bekerja seperti aplikasi belanja online. Jika aplikasi belanja online menghitung harga pada produk yang kita beli, maka aplikasi "PEKA" menghitung kandungan gula pada produk kemasan yang kita tambahkan atau kita konsumsi. Aplikasi "PEKA" sendiri sudah ditampilkan sekaligus dipromosikan pada pameran yang diadakan oleh YAYASAN PENDIDIKAN SOSIAL DAN MA'ARIF (YPM). Pameran tersebut diikuti oleh enam sekolah dan terlaksana di Graha Komplek YPM Ngelom.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Para pengguna akan dengan mudah mengontrol kandungan gula yang akan dikonsumsi melalui aplikasi "PEKA". Sehingga, akan menanggulangi terserangnya penyakit kelebihan kandungan gula pada pengguna aplikasi "PEKA".

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dampak yang sudah kami lihat melalui pameran adalah banyaknya respon positif yang diberikan kepada kami. Pengunjung juga bercerita akan kekhawatiran yang dialami mereka tentang penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan mengkonsumsi kandungan gula. Sehingga dengan adanya aplikasi "PEKA" kita dapat mengontrol kandungan gula yang kita konsumsi setiap harinya.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Kita bekerja secara tim (Karya Tulis Ilmiah SMK YPM 1 Taman) dan tim kita terdiri dari empat anak pilihan. Kita juga akan dibantu oleh guru-guru ahli di bidang Kompiter Jaringan SMK YPM 1 Taman untuk menghasilkan aplikasi yang menarik untuk diakses oleh masyarakat luas.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Guru-guru yang ahli di bidang komputer dan jaringan siap membantu tim inti kami.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Aplikasi ini sudah menyimpan database hampir dari 100 produk kemasan yang siap dihitung kandungan gulanya.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Kami membutuhkan tim yang mampu mengembangkan aplikasi "PEKA" dengan baik dan konsisten. Sehingga aplikasi "PEKA" dapat dipasang di Google Play Store maupun Website yang dapat diakses oleh banyak masyarakat.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Kami akan memasang aplikasi "PEKA" di Google Play Store dan Website sehingga banyak masyarakat yang bisa mengakses aplikasi ini. Dan pastinya akan banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengontrol kandungan gula yang mereka konsumsi.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Mengelola Tim
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

2 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments