Greenade Burger

Burger dengan komposisi gizi baik dan lengkap, dapat menurunkan faktor-faktor penyakit, tetapi juga masih dapat merasakan kenikmatan makanan

Photo of Jessica
2 1

Written by

Tanggal Lahir

2092001

Lokasi

Kabupaten Jember

Nama Sekolah/Komunitas

Universitas Jember

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

12023

Situs Web dan/atau Media Sosial

@jessicanuttela Jessica Febe Immanuela

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

menurunkan permasalahan overnutrition seperti kegemukan dan obesitas tapi clean food ini juga dapat meningkatkan gizi dari penderita kekurangan gizi karena kandungan gizi di dalamnya sudah cukup lengkap dan dengan rasa yang enak mampu menambah nafsu makan. ada pengalaman dari teman saya yang suka makan makanan junkfood bisa seminggu 3 kali bahkan setiap hari mereka selalu menyisipkan makan makanan junkfood. Karena rasa makanan yang enak mampu menutupi kandungan gizi yang kurang baik dari makanan tersebut. bahkan makanan tersebut susah untuk diolah dalam tubuh dan berisiko ke pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga terjadi penumpukan lemak dan terjadi overnutrition seperti obesitas dan kegemukan.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

awal inspirasi ide saya tentang greenade burger ini adalah Saya mau berkontribusi dalam penanganan gizi di masyarakat khususnya masyarakat penderita overnutrition seperti obesitas dan kegemukan serta kekurangan gizi baik. Selain itu, sebelumnya akan dilakukan promotif untuk menjelaskan mengapa pentingnya memakan clean food daripada junkfood. Di sisi lain clean food mudah diolah dalam tubuh dan dapat mengembalikan fungsi normal dalam tubuh itu sendiri.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Greenade burger dengan komposisi dari sayur-sayuran disusun dari bahan-bahan yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat meningkatkan sistem kerja metabolisme dalam tubuh. Tersusun atas campuran kacang kedelai dan kacang almond, rolled oat, sayur-sayuran, campuran minyak zaitun, kacang pine, dan tambahan daun basil. Memalui media promosi yang kreatif dan unik sehingga makanan ini bisa viral, selain itu dengan harga Rp. 15.000/ porsi sudah mendapatkan kandungan gizi penuh. Pemasarannya melalui agen mahasiswa dan juga online. Secara online, dapat mendaftarkan ke grabfood ataupun gofood, sebelumnya bisa dimulai dari mengantar makanan sesuai pesanan dari media sosial sehingga lebih memudahkan konsumen.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

apabila seseorang/sekelompok orang mengonsumsi greenade burger ini dapat mengubah pola makan mereka dari yang suka makan junkfood akan lebih suka clean food karena kandungan di dalamnya yang sudah memenuhi gizi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. dengan itu, melalui kebiasaan makan makanan clean food akan mengubah pola makan dan dapat menyeimbangkan kandungan gizi dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko overnutrition masyarakat, seperti obesitas dan kegemukan.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

fokus utama dari ide ini adalah masyarakat dengan kelebihan gizi dan kekurangan gizi. Kebetulan Jember sendiri merupakan daerah ke lima penderita stunting terbanyak. stunting ini disebabkan kurangnya konsumsi gizi baik dan seimbang. kecamatan di Jember dengan jumlah stunting terbanyak ada di kecamatan rambipuji, kencong, Cakru, Mayang, Paleran, Sumberbaru, Kasiiyan, Sumberjambe, dan Arjasa. Selain itu, untuk masyarakat penderita kelebihan gizi terbanyak ada di kecamatan Ledokombo, Mayang, Jelbug, Semboro, dan Ambulu.tetapi di tahap awal akan dilakukan ke kalangan mahasiswa.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Tim inti ini akan terdiri atas ketua, dan pemantau untuk supply sayur-sayuran dan bahan baku lainnya, pemantau gizi dan cara pengolahan, desainer poster dan media promosi lainnya.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Seperti Fakultas Pertanian, Ilmu Gizi, Sistem Informasi, dan juga ibu-ibu yang mengolah makanan. Fakultas Pertanian menjadi supplier sayuran karena lebih mengerti bagaimana sayuran yang sehat dan bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah. Ibu-ibu yang memasak akan dikontrol oleh mahasiswa ilmu gizi dan pengolahan makanan yang masih mempertahankan kandungan gizi. Mahasiswa sisteminformasi akan menjadi desainer utama untuk ide ini, bisa melalui poster, postingan media sosial, video, kalau sudah tertata akan ada aplikasi pengontrol ggizi seimbang yang bisa di instal dari gawai.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

ide ini ada berdasarkan kejadian nyata dan bisa direalisasikan di masyarakat. Dengan makanan burger (terdengar seperti junkfood) tetapi mengandung gizi baik atau bisa dikatakan burger dengan kualitas cleanfood.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

dengan adanya pemantauan rutin dan mungkin akan dimunculkan inovasi baru tentang cleanfood yang bisa dijalankan di kalangan mahasiswa atau masyarakat sehingga tidak dengan menu yang sama saja untuk bisa mendapatkan cleanfood yang enak dan sehat.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Saya akan mulai melakukan survei bahan makanan yang baik dan bisa didapat dengan harga yang murah. Selain itu, akan mulai berkonsultasi dengan Ahli gizi atau mahasiswa ilmu gizi untuk memastikan kandungan gizi seimbang dan pengolahan makanan ini yang baik supaya tetap mempertahankan kandungan gizi baik di dalamnya. Jika semua sudah sukses dijalankan, akan mulai didesain media promosi seunik dan mulai memperkenalkan ke mahasiswa lalu ke masyarakat.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Tim
  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Desain Visual
  • Penguasaan Teknologi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani

2 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments