GENKAF

Makanan ringan untuk anak atau remaja berkebutuhan khusus tanpa gluten dan kasein tetapi memiliki nutrisi dan protein yang tinggi.

Photo of genkaf id
3 0

Written by

anak-anak berkebutuhan khusus itu sangat mebutuhkan asupan protein yang cukup, dan pada saat ini banyak sekali makanan yang mengandung gluten dan kasein yang membahayakan jika dikonsumsi oleh anak berkebutuhan khusus meskipun menagandung protein yang tinggi. Gluten dan kasein akan menjadi morfin lalu berubah membentuk rantai ribuan morfin yang berubah menjadi rantai asam amino dan dari rantai itu muncul beta morfin peptida yang tidak terserap pada tubuh dan akan merusak jaringan saraf karena peptida masuk ke aliran darah dan bisa menimbulkan gejala morfinis yakni kemampuan berinteraksi dan komunikasi akan terkendala. Oleh karena itu aku menggunakan biji-bijian untuk mendapatkan sumber protein nya.

Tanggal Lahir

1262005

Lokasi

Surabaya dan sekitarnya

Nama Sekolah/Komunitas

Smp Santa Maria

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

82019

Situs Web dan/atau Media Sosial

https://youtu.be/zpspnTPuWrM

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Di Indonesia ini ketersediaan makanan-makanan yang aman bagi anak berkebutuhan khusus masih sangatlah minim. Makanan yang aman untuk anak berkebutuhan khusus adalah makanan yang mengandung nutrisi dan protein tinggi, tetapi tidak mengandung gluten dan kasein. Dikarenakan, jika anak berkebutuhan khusus mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dan kasein, mereka dapat menjadi semakin hiperaktif dan menurunkan kemampuan mereka. Minimnya ketersediaan makanan yang aman untuk anak - anak autis ini disebabkan karena mayoritas masyarakat kurang peduli terhadap anak - anak berkebutuhan khusus.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya merasa prihatin karena saya sendiri memilik sepupu yang merupakan anak berkebutuhan khusus. Sepupu saya ini memiliki masalah dalam memilih makanan, karena makanan yang ia sukai seringkali membuatnya hiperaktif. Tetapi makanan yang aman baginya tidak sesuai dengan seleranya.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Disini kami memiliki solusi yaitu makanan ringan yang kami namai GENKAF. Dimana GENKAF ini mengandung nutrisi dan protein yang sangat tinggi tetapi tidak mengandung gluten dan kasein, nutrisi dan protein ini kami dapatkan dari biji - bijian jadi GENKAF ini aman jika dikonsumsi oleh anak berkebutuhan khusus. Selain itu GENKAF juga dapat menjadi gerakan yang mengajak generasi muda untuk lebih peduli terhadap anak berkebutuhan khusus di sekitar mereka.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

GENKAF yang kami buat bukanlah hanya sebuah produk, melainkan sebuah gerakan yang memang bertujuan untuk mengajak banyak orang untuk turut serta berpartisipasi didalamnya. Maka jika gerakan kami ini bisa menginspirasi orang lain, maka gerakan ini perlahan-lahan akan menyebar luas dan meunculkan ide-ide baru. GENKAF nantinya akan memiliki banyak variasi dari ide-ide baru tersebut. Hal ini akan semakin memperbanyakan ketersediaan makanan yang aman tetapi enak untuk anak-ank berkebutuhan khusus

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

GENKAF ini semakin memuduhkan anak berkebutuhan khusus mengonsumsi makanan yang aman dan enak bagi mereka. Untuk saat ini GENKAF juga dapat menjadi gerakan yang membuka pikiran orang-orang untuk lebih peduli terhadap ketersediaan makanan yang aman bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

cecil=pendiri dan koordinator utama asa=koordinator pelaksana meirel=koordinator tempat nicho=koordinator pelengkapan biru=koordinator perncana

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Kami berencana mecari dan membangun koneksi dengan komunitas anak berkebutuhan khusus, sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, dan orang terdekat dari anak berkebutuhan khusus, sehingga memudahkan tersebar luasnya gerakan GENKAF ini

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

GENKAF tidak mengandung gluten dan kasein serta terbuat dari biji-bijian yang menghasilkan nutrisi dan protein yang tinggi jadi baik dikonsumsi oleh anak - anak berkebutuhan khusus

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Tim kami akan bergerak dengan membangun jaringan dengan komunitas-komunitas anak autis dan disatu sisi tim kami juga mengedukasi untuk membuat makanan yg sehat dari biji-bijian untuk anak autis dan bahaya dari gluten sekaligus kasein bagi anak autis.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Untuk jangka pendek tim kami akan mengedukasi orang-orang disekitar kami terlebih dahulu mengenai gerakan GENKAF ini. Untuk jangka menengah kami akan mencoba mencari komunitas-komunitas anak - anak autis dan membangun jaringan koneksi. Dan untuk jangka panjang kami ingin supaya gerakan GENKAF ini dapat menyebar luas hingga ke luar surabaya, selain itu kami juga ingin menjadikan GENKAF ini produk yang dapat membantu ekonomi banyak orang. Mimpi kami tentunnya GENKAF semakin berkembang dan tersebar luas serta dapat mengajak banyak orang untuk turut berpartisipasi dalam gerakan genkaf ini sehingga banyak variasi-variasi baru dari genkaf dan genkaf sendiri juga dapat digemari oleh semua orang terutama anak berkebutuhan khusus.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Desain Visual

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

3 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

View all comments