HIDROPONIK & AQUAPONIK

Untuk lebih menyediakan makanan yang bergizi untuk siswa SMA pahlawan dengan sistem hidroponik

Photo of Putri Putri
2 0

Written by

Tanggal Lahir

20072002

Lokasi

SMA PAHLAWAN JEMBER

Nama Sekolah/Komunitas

SMA PAHLAWAN JEMBER

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

112019

Situs Web dan/atau Media Sosial

putrisintiya_20

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Banyak makanan berminyak d sekolah. Minyak nya di pakai berkali-kali, sehingga siswa banyak yg batuk, sakit tenggorokan, dan jika berlanjut dapat menyebabkan kolesterol..

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena kami juga pernah mengalami dampak tidak sehatnya makanan di sekolah. Kami juga pernah belajar hidroponik di sekolah, dan ternyata menghasilkan sayuran yg lebih sehat tanpa pestisida. Jadi, kami merasa dengan adanya hidroponik bisa menyediakan makanan sehat bagi warga sekolah kami..

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Menanam sayuran hidroponik menggunakan tempat menanam yg ada d sekolah. Sesudah panen sayuran itu bisa digunakan pelengkap nasi bungkus di kantin dan membuat rutinitas hari makan sayur di sekolah.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Setelah panen, sayurnya akan di jadikan makanan, untuk rutinitas hari makan sayur d sekolah. Jadi, teman d sekolah lebih teratur makan sayur, sehingga badan lebih segar, sehat. Dan d sekolah jadinya ada pilihan makanan sehat d sekolah

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Belum ada dampak, karena masih dalam tahap uji coba dan belum panen

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Rizki Mulyono dan Alfin Hidayatul Mukarromah Kami bekerja sama dengan saling melengkapi satu sama lain, tidak egois, dan bersama-sama melakukan penanam hidroponik tersebut.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Bapak sugeng sebagai pembina(guru kami) , bapak dian (penyediaan air empang) , dan teman-teman di sekolah.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Menggunakan barang bekas(gelas aqua, botol aqua) dan sederhana namun hasilnya memuaskan. Nutrisinya dari endapan air kolam ikan lele, menggunakan sistem genang, menggunakan bambu bukan menggunakan pipa.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Terus mengembangkan dengan cara mengajak teman-teman di sekolah, menjadikan ekskul hidroponik d sekolah. Mengajak kerja sama sekolah agar fasilitas tetap tersedia.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Menambah program yang lebih menarik, mengembangkan dimana-dimana. Membuat ekskul. Ingin mengembangkan jenis tanaman yang lebih beragam, menambah lokasi penanam.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Keuangan
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

This inspired (1)

BUJO
(Kebun Ijo)

2 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments