Biskuit Sayur Sehat

Biskuit ini sehat karena terbuat dari bahan utama sayur yaitu sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan sayur untuk anak anak berumur 6-8 tahun.

Photo of dakwatun shofia
2 1

Written by

Biskuit sayur sehat ini terbuat dari sayur bayam yang akan dicampur dengan bahan biskuit pada umumnya., namun dengan kandungan bayam yang melimpah, biskuit ini di buat untuk memenuhi gizi seimbang pada anak terutama anak usia 6-8 tahun. Dimana saat usia tersebut mereka sudah mempunyai uang saku untuk jajan disekolahnya dan mereka suka jajan sembarangan.  Dengan adanya biskuit ini mereka bisa mendapatkan camilan sehat yang di buat sedimikian rupa untuk menarik anak anak

Tanggal Lahir

2012001

Lokasi

Bangkalan

Nama Sekolah/Komunitas

Unej

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

2020

Situs Web dan/atau Media Sosial

Ig : @dakwatunshofiiaa Fb : dakwatun Shofia

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Anak anak tidak suka sayur, karena sayur tidak mempunyai rasa yang bisa menarik anak anak memakannya, rasanya yang mungkin hambar atau tidak enak bahkan pahit. Dan saat ini banyak anak anak yang suka jajan sembarangan di sekolah-sekolah. Karena di dalam sayur terdapat kandungan serat dan bahan mineral penting didalamnya. saat ini makanan harus berpola gizi seimbang didalamnya terdapat piramida gizi dimana jumlah kebutuhan sayur harus seimbangan dengan makanan pokoknya, jika seorang anak kekurangan sayur dia akan mengalami gangguan seperti kurang vitamin, anemia gizi besih, susah buang air besar karena kurang serat. saya ingin mengubah pola makan pada anak anak yang biasanya suka jajan sembarangan menjadi camilan yang sehat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Saya peduli akan masalah ini, karena dalam pengamatan yang saya alami anak anak disekitar tempat tinggal saya banyak anak anak tidak suka sayur dan buah termasuk Saya dulu ketika kecil, ketika disuruh makan sayur oleh orang tuanya, si anak tersebut Enggan memakannya bahkan orang tua sampai membeli obat atau suplemen untuk mengganti kebutuhan akan buah dan sayur. Meskipun begitu si anak tetap saja tidak mau mengkonsumsi karena mereka berfikir bahwa suplemen tersebut adalah obat yang pahit. Bahkan dari mereka ada yang sakit karena kekurangan sayur sedangkan kebutuhan sayur sangat penting bagi anak, terutama bagi anak umur 6 sampai 8 tahun yang suka jajan sembarangan disekolahnya karena saat itu si anak sudah mendapatkan uang saku.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Saya ingin berinovasi, sayur akan dimodif menjadi makanan yang disukai anak anak seperti biskuit.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Adanya keuntungan oleh orang yang terlibat dengan ide ini, pertama anak anak atau orang orang yang tidak suka sayur, kebutuhannya akan hal tersebut bisa tercukupi. Orang yang terlibat dengan ide saya akan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, ikut berkontribusi dalam pemenuhan gizi di indonesia, dan belajar serta menambah pengalaman berwirausaha. dengan adanya biskuit ini anak anak akan lebih menjaga pola makan yang baik dan sehat, dan dengan adanya biskuit sayur yang terbuat dari bayam ini kita bisa memenuhi kebutuhan sayur bagi anak anak. karena bayam banyak mengandung vitamin, serat dan kandungan mineral seperti tinggi akan zat besi. jika ide ini berjalan dengan lancar yaitu ketersediaannya camilan sehat begizi bagi anak anak yang mudah didapatkan dengan harga yang murah dimana mereka sudah mempunyai uang saku. sehingga mereka tidak akan jajan sembarangan lagi.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dampak yang ingin saya lihat jika inisiatif saya dijalankan akan memperbaiki gizi anak anak di Indonesia, kebutuhan anak akan kandungan sayur akan terpenuhi anak anak akan mendapatkan gizi yang seimbang dengan adanya camilan sehat ini. Sebanyak ratusan bahkan ribuan anak anak dibangkalan akan terpenuhi dan bisa mengubah pola makannnya dengan adanya camilan sehat ini. hal ini juga menguntungkan orang tua bagi mereka yang anaknya tidak suka sayur.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Teman teman saya dan tante saya, orangtua. Mungkin teman teman saya dan saya bisa merencanakan bagaimana ide tersebut akan berjalan dan perkembangannya seperti mereka bisa berperan dalam penelitian dan dokumentasi, tante saya karena memiliki kemampuan untuk membuat aneka makanan serta memiliki usaha pribadi di bidang makanan yang dapat menyediakan alat dan bahan, serta pembuatan resep biskuit ini. Serta orang tua saya mendukung saya dan mungkin membantu dalam modal. saya juga akan merekrut tim tanpa berbayar untuk bekrja sama baik itu dalam pemasaran atau pembuatan produk.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Mungkin dalam mewujudkan ide ini saya akan bekerja sama dengan petani sayur di daerah bangkalan untuk mendapatkan sayur atau buah atau merekrut dan mengajak teman saya sendiri yang berasal dari Faperta untuk membudidayakan sayur bayam tersebut.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

saya akan membuat makanan yang biasa disukai anak anak seperti biskuit dan menambahkan bahan sayur didalamnya agar kebutuhan anak terpenuhi, saya juga membuatnya yang warna warni dengan pewarna alami, mungkin biskuit ini akan dibuat warna warni dengan pewarna alami dari buah buahan seperti merah dari buah naga, dll, yang dapat menarik anak anak, dan membuatnya sedikit manis dengan tambahan gula alami. mungkin saya akan membagikan terlebih dahulu dari percobaan pertama saya kepada anak anak dan orang-orang disekitar saya. saya juga akan membuat menarik dengan bentuk bentuk biskuit yang lucu.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

saya akan melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan anak-anak, jika ada kekurangan akan diperbaiki dan sumber daya atau dukungan yang dibutuhkan antara lain sumber daya manusia yaitu orang yang bisa membuat makanan seperti biskuit atau cookies, alat alat, modal dan dukungan orang orang sekitar.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

saya akan terus melakukan inovasi seperti merubah bentuk dari biskuit agar lebih menarik dan mencoba di lokasi yang dekat terlebih dahulu lalu jika hal tersebut tidak berhasil, maka akan dicari penyebabnya dan memperbaikinya mungkin seperti mencoba pada anak-anak lain di lokasi baru.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Keuangan
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Penguasaan Teknologi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Media sosial Saya Pemberani
  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta
  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

Attachments (1)

2 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments