Kebab Vegichan

Kebab sehat bergizi seimbang, yang terbuat dari sayur-sayuran dan tepung tulang ikan bandeng, daging ikan bandeng, dan bahan lain yang sehat

Photo of Wiji Agustin
5 31

Written by

Tanggal Lahir

26112003

Lokasi

Desa wadungasri

Nama Sekolah/Komunitas

SMA Al Muslim Jl.Raya Wadung Asri No.39 F Waru,Sidoarjo, Jawa Timur

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

92019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Instagram : sulthan.nn Youtube Channel : Sturdy Gaming

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Membuat alternatif makanan / kudapan yang sehat bergizi seimbang sehingga disukai oleh anak-anak yang susah untuk makan sayur dan ikan

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Karena anak usia sekolah membutuhkan makanan yang sehat bergizi seimbang sehingga dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih baik. Anak yang pertumbuhan dan perkembangannya baik,asupan gizinya cukup,maka ia akan tumbuh sehat,lebih berkonsentrasi saat belajar,sehingga ia akan berprestasi.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Membuat kebab Vegichan dan mensosialisasikannya kepada anak-anak usia sekolah dasar yang tidak gemar makan sayur dan ikan. Selain itu kami juga memberikan kebab Vegichan secara gratis kepada siswa sekolah dasar yang kami tuju, harapannya para siswa dapat mengonsumsi jajanan sehat bergizi seimbang,sehingga mereka terhindar dari jajanan yang tidak sehat.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Jika anak usia sekolah dasar memakan jajanan yang tidak sehat,maka asupan gizi anak tersebut tidak seimbang. Akibatnya anak tersebut pertunbuhannya kurang baikkecerdasannya menurun,prestasinya juga akan menurun. Ketika kami melakukan uji coba,antusiasme anak sekolah dasar terhadap jajanan kami sangat baik.Mereka menyukai kebab yang kami berikan.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Anak-anak usia sekolah dasar kelas III dan IV SD di Desa Wadungasri sejumlah 54 siswa

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Sulthan memberikan kontribusi dalam mencari alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proyek. Izzam mencari referensi kandungan gizi dalam proyek Ustaszah Wiji selaku guru pembimbing yang membantu mengontrol proyek dan menelaah proyek yang kami jalankan. Pak Rudi tim puskesmas yang memberikan masukan serta saran mengenai kualitas produk yang kami hasilkan dari proyek dan memberikan data hasil screening siswa sekolah dasar di Desa Wadungasri

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Sudah,kami melibatkan pihak puskesmas terutama untuk membantu menyelidiki kandungan gizi yang ideal yang dibutuhkan anak usia sekolah dasar,kami bekerja sama dengan pihak sekolah dasar yang kami jadikan responden.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Kami melakukan sosialisasi,melibatkan berbagai pihak,dan produk yang kami hasilkan merupakan karya orisinil dan inovatif.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Kami akan membuat matriks kerja,menyebarkan kuisioner kepada responden,dan memantau keterlaksanaan proyek selama tahap uji coba,selain itu kami akan melakukan evaluasi untuk keberhasilan proyek kami.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Melibatkan pihak puskesmas/ahli gizi,pihak sekolah,serta ibu-ibu PKK setempat untuk saling bekerja sama dalam menyukseskan proyek ini.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Mengelola Tim
  • Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Pengukuran Dampak
  • Keuangan
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Desain Visual
  • Dokumentasi
  • Penguasaan Teknologi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta

5 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Ini adalah minggu terakhir untuk kamu berkesempatan menajamkan ide gerakan gizi dan merevisi formulir aplikasi di website sayapemberani.id

Nah, buat kalian yang masih ingin bertanya, masih ada kesempatan sekali lagi pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Kesempatan bertanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore ya.

Kamu bisa mengajukannya melalui:
- email ke sayapemberaniid@gmail.com
- kontak mentor masing-masing via whatsapp
- bertanya via instagram (DM, story).

Jawaban akan dikirimkan segera setelah tim memberikan tanggapan.

Yuk, mulai kumpulin pertanyaanmu dari sekarang:)

#sayapemberaniid

View all comments