HUNK FOOD

HUNK FOOD, akronim dari H(ealthy j)UNK FOOD adalah program yang mengajak remaja memasak makanan sehat dalam bentuk serupa junk food.

Photo of Fransiska Kezia
2 1

Written by

Tanggal Lahir

3102007

Lokasi

Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMP Santa Maria / Greenmaker

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Uji Coba (telah melakukan beberapa kegiatan untuk menguji ide)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

102019

Situs Web dan/atau Media Sosial

@callmekezia @arcangelaaa._

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat
  • Meningkatkan PERMINTAAN remaja akan makanan bergizi – semua ide yang mendorong remaja lebih sadar dan mencari makanan sehat
  • Meningkatkan DUKUNGAN LINGKUNGAN SEKITAR untuk tersedianya makanan bergizi – semua ide yang mengubah cara kerja sistem/peraturan tentang makanan

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Remaja masa kini sering mempunyai mindset bahwa sayur-sayuran adalah makanan yang tidak enak, jorok, dan kurang menarik di mata mereka. Hal tersebut disebabkan oleh sebagian besar dari orang tua mereka yang tidak dapat memasak sayur dengan baik dan enak. Selain itu, ada juga anggapan tentang sayuran hanyalah makanan untuk hewan herbivora dan omnivora di hutan, dengan itu mereka memiliki mindset yang sebenarnya bukan fakta dari makanan sayuran atau pun makanan sehat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Masalah ini membuat kami heran, "Lho sayur atau makanan sehat kayak gini kok bisa ya dibilang tidak enak? Kenapa ya?". Remaja masa kini sering berpikir bahwa junk food lebih enak, padahal sayuran itu lebih bagus dan penting untuk tubuh kita. Alasan kami bertindak adalah kami mau mengubah mindset remaja karena kami turut prihatin dan juga heran mengapa banyak remaja yang tidak suka sayur. Kami juga ingin membagikan pendapat bahwa sayur itu sehat dan enak ke lebih banyak orang lagi.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

HUNK FOOD adalah program masak bareng makanan yang berbentuk junk food tetapi terbuat dari sayuran. Awalnya, kami menentukan jenis makanan yang ingin dibuat. Kami mendiskusikan junk food apa yang paling banyak disukai. Setelah menentukan, kami mengubah resep makanan itu dengan sayuran. Rencana kami selanjutnya, kami akan cobakan kepada remaja-remaja di lingkungan SMP Santa Maria yang tidak menyukai sayur. Jika menurut mereka enak, kami akan membagikan video cara membuat dan bahan yang terdapat dalam makanan hunk food ini dan juga memberikan poster untuk mengajak mereka memasak bareng dengan GreenMaker. Harapan dari program kami adalah anak remaja yang dulunya tidak suka healthy food atau yang tidak suka sayuran menjadi lebih suka dengan sayuran.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

Ketika kami mencobakan produk hunk food, yaitu burger yang pattynya terbuat dari sayur kepada teman kami yang tidak menyukai sayur, kami memberikan makanan hunk food kepadanya. Lalu dia pun berpikir bahwa makanan yang kami berikan kepadanya adalah makanan junk food. Setelah dia mencobanya dan bilang bahwa masakan kami enak, setelah itu kami memberitahu dia bahwa makanan kami tebuat dari sayuran.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Kami telah membuat burger ciptaan kami untuk dicobakan kepada teman-teman dan guru kami. Mereka berkata bahwa burgernya enak dan mereka kira patty-nya terbuat dari daging (padahal tidak sama sekali).

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Kami berdua, yaitu Kezia dan Angel melakukan semua kegiatan mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan secara bersama. Pada saat proses pembuatan resep, kami saling bertukar ide mengenai makanan sehat apa yang ingin kami buat. Kemudian setelah menyetujui sebuah ide, kami segera melaksanakan kegiatan uji coba resep, yaitu memasak.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Walaupun tidak terlibat secara langsung, namun guru dan teman-teman kami membantu mencicipi dan memberi pendapat dan usulan. Kami akan melibatkan komunitas greenmaker (komunitas yang bergerak dibidang kesehatan lingkungan) untuk bergabung dalam program memasak ini.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Kami ingin mengubah mindset remaja menjadi lebih suka sayur dengan cara mengajak mereka untuk ikut terlibat masak bareng, tidak hanya dengan cara edukasi atau ajakan memakan sayur.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Kami sadar kami juga butuh ide-ide dan usulan dari teman-teman. Karena kami tidak akan membuat makanan yang hanya cocok di lidah kami berdua, melainkan cocok di lidah semua orang. Agar program ini terus berlanjut, kami akan meneruskannya pada adik kelas kami yang tergabung dalam komunitas GreenMaker.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Kami akan mencoba membuat resep lain (tidak hanya burger dan kentang). Kami juga akan lebih memperunik hidangannya. Kami juga akan mengajarkan resep tadi ke beberapa teman dahulu.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi
  • Dokumentasi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Direkomendasikan oleh seseorang untuk ikut serta
  • Sekolah

2 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Saya PEMBaharu gERAkaN gizI

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

Spam
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid