Grow-tea

Minuman kekinian yang kaya akan kalsium dengan bahan susu kedelai rendah lemak dan "boba" yang mengandung nutrisi cangkang telur.

Photo of iris santoso
2 1

Written by

Limbah cangkang telur dijadikan bubuk dengan tahap melepaskan selaput cangkang telur,menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat pada cangkang telur dengan dipanaskan pada suhu tertentu, mengeringkan cangkang telur dari sisa air(dipanaskan), memblender/menghaluskan cangkang telur.

Bubuk cangkang telur disatukan dengan tepung tapioka sehingga dapat menjadi "boba"/bubble tea. 

Tahap pembuatan susu kedelai : mencuci bersih biji kedelai dengan air, merendam biji kedelai didalam air semalaman(minimal 8 jam),melepaskan kulit ari biji kedelai, memblender biji kedelai dan tambahan air matang, merebus susu kedelai hingga mendidih (menambahkan daun pandan agar lebih harum,sedikit garam dan saripati daun stevia sebagai pemanis),menyaring ampas biji kedelai dan mengambil sari dengan airnya saja.

Lokasi

Kota Surabaya

Nama Sekolah/Komunitas

SMA Santa Maria Surabaya

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Pertumbuhan (ide telah teruji dan sedang berkembang)

Situs Web dan/atau Media Sosial

instagram : @irissantoso_ @stephanie_angelina_z

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

Tingkat asupan kalsium remaja Surabaya, mulai dari teman-teman sekelas kami, yang rendah(kelas menengah keatas). Dengan faktor : tidak suka (rasa/tesktur) produk sumber kalsium, untuk mendapatkan sumber kalsium yang enak cenderung mahal(susu sapi, yogurt, ikan salmon,dll), anggapan kalsium sebagai nutrisi yang dinomor duakan (tidak begitu penting). Setelah melakukan riset untuk mengetahui lebih jauh mengenai tingkat asupan kalsium teman-teman kami, kami mendapat fakta bahwa dari 7 orang teman kami hanya 1 orang yang menggunakan suplemen untuk menambah kalsium. Dari 7 orang tersebut ada beberapa anak yang tidak suka memakan sayur namun mayoritas dari teman-teman kami menyukai susu dan tidak ada masalah dengan susu apa saja.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

teman sekelas saya yang jarang mengkonsumsi sumber kalsium, sedangkan kalsium sangat dibutuhkannya untuk "cadangan" kalsium di masa tua, dengan alasan tidak adanya pembiasaan maupun tidak suka. Faktanya,kalsium susu dinomorduakan diantata bahan bergizi lainnya dalam 4 sehat 5 sempurna. Didukung dengan adanya fakta bahwa sayuran hijau tua sebagai sumber kalsium banyak tidak disukai oleh teman-teman saya. kondisi Sumber kalsium lainnya juga bersifat mahal untuk didapatkan. Adik saya yang penggemar ikan salmon sebagai sumber kalsium, jarang mengkonsumsinya sebab harganya yang mahal dan memang bukan menjadi kebiasaan kami.bahan lainnya yang mengandung kalsium yang dikonsumsinya yaitu susu sapi. Namun itu pun jarang,dalam 3 minggu hanya 1x

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Menciptakan produk minuman, yang disukai remaja Surabaya. Terinspirasi dari milk tea dengan boba yang sangat viral dikonsumsi remaja di Surabaya.Dengan susu kedelai berbahan ekonomis(murah) dan proses pembuatan yang mudah juga murah, juga memanfaatkan limbah cangkang telur yang banyak kita buang itu, sebagai sumber kalsium yang termuat dalam bentuk bubuk dalam boba. Menjadi minuman yang menarik minat remaja, melihat susu kedelai rendah lemak untuk menjaga postur tubuh remaja yang lebih baik dari susu sapi, juga sebagai alternatif minuman enak (milk tea pada umumnya yang dijual dengan kandungan kalori dan gula berlebih) yang lebih sehat, keseluruhan biaya pembuatan minuman yang ekonomis dan mudah dibuat. Menyampaikan cara mudah memproduksi minuman berkhasiat tinggi ini melalui akun media sosial instagram. Terus menyebarkan kebaikan produk ini bagi remaja-remaja di Surabaya melalui orang terdekat dan lalu meluas. Dengan membuat minuman yang sehat (kandungan sari kedelai dan juga boba terbuat dari cangkang telur) kami berkreasi dengan minuman yang dapat diterima oleh mayoritas orang karena dengan membuat minuman baru yang lebih sehat akan menjadi alternatif bagi banyak orang.

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

•Tertarik dengan produk minuman dan menilai baik produk minuman sebagai minuman sehat yang enak •menyebarkan kebaikan minuman ini kepada orang-orang sekitarnya •Merubah mindset bahwa mendapatkan asupan kalsium tidak harus mengeluarkan banyak biaya dan dapat dimasak dengan mudah •Merubah mindset pola makan remaja bahwa kalsium adalah hal yang penting untuk dikonsumsi dengan kebiasaan yang mereka bentuk sendiri dari rasa suka atas minuman ini •Menjadi tahu mengenai fakta bahwa kalsium dibutuhkan di hari tua karena di hari tua, kalsium yang masuk ke dalam tubuh hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan saja dan tidak disimpan di dalam tubuh sebagai cadangan kalsium, itulah sebabnya banyak orang yang sudah lansia, tulang dan giginya keropos. Maka dibutuhkan cadangan kalsium yang cukup di dini hari untuk menghindari hal tersebut.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

5 teman-teman saya yang (telah mencoba)merasa tertarik dengan grow-tea karena sadar akan rasa dan kandungan yang mengagumkan untuk tubuhnya. adik saya(yang menyukai dan dapat rutin meminum grow -tea sebagai alternatif minuman milk tea kesukaannya. sejalan dengan perkembangan ini, maka kebutuhan kalsium yang terkonsumsi oleh orang-orang terdekat kami ini pun mengalami kemajuan.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Saya, Iris Santoso,bagian membuat dan menguji rasa produk, juga sebagai distribusi kepada adik dan beberapa teman untuk mencoba grow-tea ini.Stephanie Angelina, bagian riset informasi-informasi yang selaras untuk memajukan prodak kami, juga membantu distribusi pada teman-temannya.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Panelis dari Universitas Widya Mandala Surabaya yang membantu kami menemukan porsi segelas grow-tea yang pas untuk remaja, dan menguji kandungan mikroorganisme yang ada didalamnya. sebagai tim produksi, kami mengajak 4 teman dekat kami yang punya misi yang sama dengan kami untuk meningkatkan konsumsi kalsium remaja Surabaya.Dan menyebarkan minuman berkhasiat ini pada orang-orang terdekatnya dan sekitarnya.

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Minuman dengan kandungan kalsium tinggi, dari cangkang telur yang berupa limbah yang banyak terbuang sia-sia, juga dengan kombinasi susu kedelai dengan kandungan kalori yang lebih rendah dari susu sapi. Dikemas dalam kemasan plastik praktis dibawa tangan. dengan pemanis alami dari daun stevia yang menurunkan kemungkinan diabetes.

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

dengan sumber daya manusia yang sudah terbentuk dengan dukungan orang sekitar juga didorong dengan niat dan mimpi yang kami miliki bagi teman dan saudara kami di Surabaya. Dari segi kualitas minuman, minuman ini adalah minuman yang dapat dinikmati oleh lidah anak serta remaja dengan rasanya yang segar dan manis juga melihat potensinya dalam nutrisi bagi tubuh, dapat menjaga posisi minuman ini sebagai minuman yang unik, karena mengandung berbagai nutrisi sekaligus.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Membangun bisnis tetap Cal-hydratea dengan

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Komunikasi
  • Strategi & Perencanaan Projek
  • Ilmu Pangan dan Nutrisi

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Pernah berpartisipasi dalam acara atau program Ashoka lainnya

2 comments

Join the conversation:

Comment
Photo of Dian

Hai Pemberani,

Masih bingung bagaimana caranya menemukan ide atau menajamkan ide yang sudah kamu punya untuk ikutan Program Saya Pemberani?

Yuk, tonton videonya disini https://www.youtube.com/watch?v=ES3eQqxLw1w&t=39s

Jangan lupa untuk lengkapi idemu dengan membuat video dirimu menceritakan idemu dengan baik ya dan submit ke akun Saya Pemberani kamu, batas akhir adalah tanggal 20 Desember 2019.

Kalau masih ada yang kamu belum mengerti, ajukan pertanyaanmu sampai 4 Desember ya. Kami akan jawab pada tanggal 7 Desember di akun instagram @sayapemberani.id ya!

#Sayapemberaniid

View all comments