Frutta Fritta

Membuat gorengan buah

Photo of Citra muslimah
4 7

Written by

Tanggal Lahir

16022003

Lokasi

Surabaya,Jawa Timur,Indonesia

Nama Sekolah/Komunitas

SMA KHADIJAH SURABAYA/Frutta Fritta

Sudah sampai tahap mana idemu?

  • Tahap Ide (berharap untuk segera dijalankan ke depannya)

Kapan inisiatifmu mulai dijalankan?

122019

Situs Web dan/atau Media Sosial

Instagram : @shnz_16 @citramslmh @carrisa.yumna @erinazmih_31

Apa yang menjadi fokus idemu?

  • Meningkatkan KETERSEDIAAN makanan bergizi bagi lingkungan sekitar – semua ide yang berhubungan dengan produksi makanan/bahan makanan sehat

Masalah: persoalan apa yang ingin kamu selesaikan dengan idemu?

kebiasaan buruk dalam pilih-pilih makanan seperti menghindari sayur dan buah. karena banyak orang akan lebih mudah terserang penyakit jika mereka memilih milih makanan. makanan yang kurang sehat lebih dominan daripada makanan sehat yang beredar di masyarakat.

Perjalanan pribadi: mengapa masalah ini menganggumu? Apa yang membuatmu ingin bertindak dan menyelesaikannya?

Kesal karena melihat masyarakat sekitar yang sering sakit namun tidak mau makan sayur dan buah, serta tidak menyadari bahwa makanan yang tidak disukai ternyata sebenarnya makanan yang baik dan menyehatkan.

Solusi: Apa idemu untuk mengatasi masalah tersebut?

Membuat variasi makanan berupa penggabungan sayur/buah kedalam makanan favorit atau mengubah komposisi utama bahan makanan favorit. Langkah : 1.Mencari/membuat resep yang sesuai untuk buah-buahan yang akan kami jadikan produk kami nantinya. 2. Menentukan daerah yang akan kami jadikan sasaran penyebaran produk yang akan kami buat, untuk sementara kami akan fokus ke sekitar tempat tinggal kami 3. Membuat dan menyusun strategi yang akan membantu dalam pemasaran nanti

Contoh kasus: apa yang terjadi ketika seseorang/sekelompok orang menggunakan idemu? Coba ceritakan sebuah contoh spesifik.

mereka akan merasa penasaran karena masih sangat jarang dan hampir tidak pernah kita jumpai makanan yang berbahan dasar buah dan sayur. karena rasa penasaran , mereka ingin mencoba dan berpikir 'bagaimana rasanya?' suka atau tidak suka tergantung pada masing-masing individu. hasil yang kami harapkan adalah secara tidak sadar masyarakat memperbaiki gizi mereka karena telah mencoba makanan yang telah kami buat.

Dampak: sejauh ini, dampak/perubahan apa yang telah terjadi karena idemu? Siapa dan berapa banyak orang yang telah mendapatkan manfaatnya?

Dampak yang ingin dilihat: #dapat merubah takaran gizi masyarakat dan memperbaiki pola makan merubah pola pikir masyarakat bahwa tidak selamanya makanan sembrani tidak enak dan tidak selamanya pula makanan sembrono itu enak.

Apakah kamu memiliki tim untuk menjalankan idemu?

  • Yes

Tim: siapa saja yang terlibat? Ceritakan tentang anggota tim-mu beserta perannya masing-masing. Bagaimana cara kalian bekerja sama dalam tim?

Kami beranggotakan 4 orang, yaitu Asshinaz, Citra, Carrisa, dan Erina, dimana kami ialah teman satu sekolah. Dalam project ini peran kami sama dan saling melengkapi, bekerja sama, saling percaya, dan menjaga kekompakan untuk terwujudnya program yang kami buat.

Kolaborasi: selain tim inti, adakah pihak lain yang telah kamu libatkan dalam mewujudkan idemu? Jika belum, siapa yang rencananya akan kamu libatkan, dan bagaimana caranya?

Sejauh ini kami belum melibatkan pihak lain kecuali tim inti kami. Jika ide kami berkembang, mungkin saja kami akan membutuhkan pihak lain untuk membantu penyebaran 'gorengan buah' kami , rencana siapa yang dilibatkan ialah kaum kaum muda millenials

Keunikan: apa yang membuat idemu berbeda dari ide lain?

Seperti yang sudah kita ketahui , buah dan gorengan adalah makanan yang banyak disukai oleh masyarakat , namun buah kaya akan vitamin dan gorengan kaya akan lemak jahat , maka dari itu kami ingin membuat makanan kombinasi agar kedua makanan tersebut bisa digabungkan menjadi makanan sehat / sembrani .

Keberlanjutan Projek: bagaimana kamu memastikan idemu terus berjalan dan berkelanjutan? Apa saja sumberdaya/dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkannya?

Memastikan bahwa kita mencakup SDM SDM yang sadar akan pentingnya gizi dan tidak hanya memikirkan visualnya dan rasa aja karena meskipun jumlah SDM yang besar dengan pertumbuhan yang cepat , tetap8 memiliki kualitas yang rendah , akan memperlambat tercapainya kondisi seimbang antara kuantitas dan kualitas gizi masyarakat dengan daya dukung alam & tampung lingkungan yang terbatas , maka dari itulah kita sangat membutuhkan dukungan penuh dan juga mereka akan kesehatan dan pentingnya gizi bagi tubuh.

Rencana ke Depan: apa strategimu untuk mengembangkan ide ini lebih lanjut?

Rencana ke depan : *membuat variasi makanan kombinasi yang lain dan sesuai dengan selera masyarakat *memperluas lokasi penyebaran ide kami *membuat brand makanan *bekerja sama dengan lembaga2 / organisasi2 lain dalam mengadakan event untuk menambah koneksi , relasi dan jaringan Karena semakin banyak kerja sama yang kita buat semakin banyak pula masyarakat yang ikut serta semakin meningkat pula dampak yang didapat.

Dari jenis-jenis kemampuan ini, mana yang paling kamu butuhkan agar dapat menjalankan idemu dengan baik?

  • Mengelola Waktu
  • Mengelola Tim
  • Strategi & Perencanaan Projek

Dari mana kamu mendengar tentang Saya Pemberani?

  • Lokakarya Dream it Do it (DIDI)

4 comments

Join the conversation:

Comment
Spam
Photo of Old Friend

Halo Para Pemberani!

Selamat ya, kamu sudah lolos ke tahap selanjutnya. Nah, agar proposal kamu semakin OK, yuk ikuti penjelasan tentang sistem pangan yang akan disampaikan oleh tim GAIN di hari Sabtu, 14 Desember 2019, mulai jam 3.30 sore.

Kamu tinggal klik link ini untuk join trainingnya: https://gainhealth.zoom.us/j/761058798?pwd=b1MzbDFBZ3IxL2sySkdydjhOVVhldz09
(kamu butuh instal aplikasi ZOOM di HP/komputer untuk join)

Sampai jumpa di hari Sabtu ya..

SayaPemberani!

View all comments